Disdik Sosialisasikan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Disdik Sosialisasikan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU Selatan sosialisasikan Transisi PAUD ke SD yang Menenyenangkan bagi Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pulau Beringin, Sungai Are dan Sindang Danau, Sabtu 15 Juni 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU Selatan mengadakan sosialisasi tentang transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan. Acara ini ditujukan kepada Kepala Sekolah dan Guru SD di Kecamatan Pulau Beringin, Sungai Are, dan Sindang Danau, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Transisi dari PAUD ke SD merupakan proses transformasi bagi anak-anak, di mana fase tersebut harus dilakukan secara cepat namun harus dipahami secara komprehensif.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Beni Suhendro, SH., MM, melalui Kabid GTK, Eduarken, S. Pd., M. Si., pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Menurut Eduarken, kegiatan ini bertujuan agar semua aspek terkait metodologi perpindahan pendidikan anak usia dini dapat berjalan dengan baik. Diharapkan, anak-anak didik siap secara mental memasuki pendidikan formal.

"Usia dini merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang peserta didik. Pada masa ini, mereka membangun fondasi pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan," ujarnya.

BACA JUGA:Pelanggan Keluhkan Sudah Sepekan Sampah Tak Kunjung Diangkut

BACA JUGA:Dor, Tim Gabungan Polda Sumsel dan Polres OKI Gerebek Sarang Narkoba di Desa Mangun Jaya

Ia juga menambahkan, "Gerakan ini bertujuan memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan dasar, keterampilan, serta kematangan yang holistik."

Eduarken mengajak para Kepala Sekolah dan Guru agar dapat mengaplikasikan metode ini, sehingga siswa yang baru masuk SD benar-benar merasa senang.

"Seperti yang kita ketahui, mendidik siswa yang baru masuk SD bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, Guru perlu memahami hal ini," jelasnya.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan para Kepala Sekolah dan Guru memiliki bekal yang cukup untuk mendidik siswa baru di SD dengan cara yang menyenangkan," tandasnya. (Dal)

Sumber: