Harga Pangan dan Sembako Melambung Tinggi di Tahun 2024, Masyarakat Berusaha Bertahan Hidup

Harga Pangan dan Sembako Melambung Tinggi di Tahun 2024, Masyarakat Berusaha Bertahan Hidup

Tingginya kenaikan harga pangan dan sembako di tahun 2024 membuat banyak masyarakat Indonesia merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.-FOTO: DOK HOS-

HARIANOKUS.COM - Tingginya kenaikan harga pangan dan sembako di tahun 2024 membuat banyak masyarakat Indonesia merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Pertanian, harga beras, sayuran dan daging sapi mengalami kenaikan yang signifikan sepanjang tahun ini.

"Kenaikan harga beras mencapai 20% dibanding tahun sebelumnya, sayuran dan daging sapi juga naik sekitar 15%," kata Menteri Pertanian dalam keterangannya pada hari Selasa.

Hal tersebut menjadi pemukul ekonomi yang kuat bagi masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah. Banyak masyarakat berusaha untuk bertahan hidup dengan mengambil berbagai tindakan yang berisiko.

BACA JUGA:Wajib Ada! Makanan yang Paling Dicari Saat Lebaran

BACA JUGA:Ini Semua yang Perlu Anda Ketahui! Apple Mengumumkan iOS 18 di WWDC 2024

"Saya harus bekerja hingga larut malam untuk bisa membeli sembako dan beras bagi keluarga saya," kata Andi, seorang buruh pabrik.

"Kami harus berhemat dan menunda kebutuhan non-urgensi karena harga semakin mahal,"tambahnya.

Meskipun pemerintah telah melakukan upaya untuk menanggulangi masalah ini, seperti menstabilkan harga dengan impor beras dan sayuran, namun kenaikan harga tersebut masih terus terjadi dan belum ada tanda-tanda akan turun dalam waktu dekat.

Situasi ini menegaskan pentingnya kemandirian pangan dan meningkatkan produksi lokal untuk mengurangi ketergantungan pada impor. (dst)

 

Sumber: