Anggota Disdamkarmat OKU Selatan Periksa APAR di Kantor Disdukcapil

Anggota Disdamkarmat OKU Selatan Periksa APAR di Kantor Disdukcapil

Pemeriksaan alat Pemadam kebakaran di kantor Disdukcapil OKU Selatan.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM – Guna memastikan fungsionalitas Alat Pemadam Api Ringan (APAR) milik kantor Disdukcapil OKU Selatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) melakukan pengecekan peralatan tersebut pada Kamis, 27 Juni 2024.

Plt Kepala Dinas Damkarmat OKU Selatan, Wily Agus, ST., MM., MT., menyampaikan bahwa peningkatan pemeriksaan APAR di Disdukcapil ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan peralatan pemadam api ringan tersebut tersedia dan berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya melalui Bidang Pencegahan memeriksa peralatan pemadam api ringan guna memastikan bahwa alat tersebut masih dapat digunakan dengan baik serta cara pengoperasiannya.

BACA JUGA:Waduh-waduh, Vertikal Dryer Bantuan Kementrian Pertanian Di OKU Selatan Diduga Dijual Oknum

“Sesuai dengan permintaan dari pihak Dinas Capil OKU Selatan, kami melakukan pengecekan untuk memastikan alat tersebut masih dapat digunakan serta cara pengoperasiannya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa peralatan pemadam penting selalu tersedia dalam kondisi siap pakai guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran di gedung.

“Kebakaran di gedung dapat dicegah agar tidak meluas jika peralatan pemadam kebakaran yang ada dalam kondisi baik dan siap digunakan,” katanya.

“Jika peralatan pemadam kebakaran tersedia dengan baik, api yang sewaktu-waktu muncul akibat korsleting listrik, ledakan gas, dan penyebab lainnya dapat dipadamkan dalam waktu singkat sehingga tidak menjalar ke mana-mana,” tambahnya.

BACA JUGA:Polres Bersama Pemkab OKU Selatan Tanam Ratusan Pohon Produktif

Selain melakukan pemeriksaan APAR di gedung Dinas Capil OKU Selatan, pihaknya juga berupaya meningkatkan kesiapsiagaan petugas dan peralatan yang dimiliki Dinas Damkar dan Penyelamatan.

“Dengan kesiapsiagaan petugas damkar yang didukung peralatan pemadam api yang memadai, diharapkan kami dapat segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana kebakaran dengan cepat sehingga bisa dicegah terjadinya kebakaran besar,” tandasnya. (Dal)

 

 

Sumber: