Peringati Hari Air Sedunia, Bupati Ajak Jaga Kelestarian Air

Peringati Hari Air Sedunia, Bupati Ajak Jaga Kelestarian Air

"Mari kita bentuk aksi bersih sungai, telusur sungai dan aksi bermanfaat lainnya, agar permasalahan air bisa diatasi. Semua makhluk hidup membutuhkan air, demikian air tanah sangat bermanfaat bagi kehidupan, mengkonsumsi secara bijak agar berkesinambungan.

 

Selanjutnya kata Asep, melakukan penanaman pohon di seluruh provinsi di Indonesia, kurang lebih 101 ribu pohon, seperti pohon jati, aren, cemara, durian, duku, alpukat dan lainnya, tanaman bermutu.

 

Dilanjut sambutan via zoom meeting, Gubernur Jawa tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP., yang mengungkapkan bahwa air adalah sumber hidup, kebutuhan dasar manusia, air adalah jantung, air adalah hak asasi manusia, anugerah Tuhan, tentunya harus sadar permasalahan air ke depan akan sulit.

 

 

 

 

"Kami mendorong upaya sumber daya air, agar selalu ada, karena itu pengelolaan sumber air penting dilakukan, upaya yang dilakukan 1000 lumbung tampungan air, penghijauan, dan lainnya, serta mengedukasi masyarakat. Restorasi sungai, merangkul elemen masyarakat upaya permasalahan ketersediaan air, untuk anak cucu keturunan nanti, mari bulatkan tekad satukan tujuan demi keberlangsungan hidup anak cucu, tinggalkanlah air bersih kepada anak cucu bukan air mata," ujarnya.

 

Sebagai informasi, Hari Air Sedunia diresmikan Presiden Republik Indonesia, pada tahun 1992 saat Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang lingkungan dan pembangunan di Rio de Janeiro.

 

Kegiatan di Danau Ranau ini ditutup dengan penanaman pohon serta penyebaran bibit ikan di Danau Ranau. (ant)

Sumber: