Peringati HKB 2022, SANTANA SPMAA Giatkan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir dan Gempa

Peringati HKB 2022, SANTANA SPMAA Giatkan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir dan Gempa

Masing-masing anggota keluarga membawa Tas Siaga Bencana yang berisi kebutuhan pribadi siap survival selama tujuh hari. Selanjutnya oleh relawan SANTANA dan Srikandi Taruni SPMAA, para penyintas pengungsi ini diarahkan ke posko tenda layanan sesuai keadaan kebutuhan yang diperlukan. Dalam kegiatan HKB 2022 ini, Komandan SANTANA SPMAA Pusat, Gus Adhim, hadir secara khusus memfasilitasi materi pengenalan SPAB SANTANA dan mendampingi lima rangkaian kegiatan lainnya.

 

"Secara tugas pokok misinya, sesuai terapan kurikulum Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Yayasan Ponpes SPMAA melalui unit SANTANA memiliki sembilan (9) layanan penanggulangan kegawatdaruratan dan kebencanaan dengan tenaga ikhlasukarelawan terlatih berkualifikasi terampil," terang Gus Adhim.

 

Sembilan layanan SANTANA yang siap turun dimanapun ini meliputi MediSANTANA untuk kesehatan lapangan, InfoSANTANA untuk media komunikasi, EduSANTANA untuk pendidikan kebencanaan, EvaSANTANA untuk evakuasi dan ambulan, TranSANTANA untuk angkutan kendaraan, LogiSANTANA untuk dapur umum lapangan dan perlengkapan, ICESANTANA atau infrastructure, construction & engineeeing untuk tahap rehab rekon, PsikoSANTANA untuk psikososial & system referal, dan DaiSANTANA untuk bina penguatan agama dan pendampingan moral spiritual.(**)

Sumber: