Selama HUT Bhayangkara, Berikan Pelayanan KB Steril Gratis

Selama HUT Bhayangkara, Berikan Pelayanan KB Steril Gratis

MUARADUA – Selama pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten OKU Selatan sukses mengadakan pelayanan KB Steril gratis.

Dalam pelaksanaan pelayanan KB tersebut semula Dinas PPKBPPPA menargetkan peserta sebanyak 15 peserta yang bersumber dari dana DAK Pusat, tapi ternyata pada saat pelaksanaan yang mendaftar sebanyak 37 akseptor Medis Operasi Wanita (MOW), dan 9 aksepotor Medis Operasi Pria (MOP), sedangkan yang mendapatkan pelayanan KB Steril gratis terdiri dari 30 akseptor MOW dan 8 akseptor MOP. 

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinas PPKBPPPA OKU Selatan Umu Manazilawati, SKM., M.M yang didampingi Kepala Bidang KB, Febri Sistia Sari, SKM, M.M, saat dikonfirmasi, Ahad (3/7).

Dikatakannya, sebelum pelaksanaan Operasi calon Akseptor terlebih dahulu diberikan konseling dan dijelaskan apa saja yang menjadi persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon akseptor MOW/MOP tersebut sebelum operasi dilaksanakan.

“Dalam pelaksanaan Bhakti sosial ini, Dinas PPKBPPPA memberikan layanan KB steril Gratis bagi Pasangan Usia Subur (PUS) yang berdomisili di kabupaten OKU Selatan yang tidak ingin punya anak lagi,” tuturnya.

Pelayanan KB gratis ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang dan ingin dilayani ber-KB.

“Dalam acara bhakti sosial ini, Dinas PPKBPPPA bekerjasama dengan Polres OKU Selatan dan RSUD Muaradua untuk bersama sama mensukseskan KB Steril gratis,” jelasnya.

Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kepada masyarakat tentang alat kontrasepsi terutama Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), terangnya, masih sangat dibutuhkan khususnya dikabupaten OKU Selatan yang masyarakatnya banyak menganggap KB itu hanya urusan ibu-ibu saja.

“MKJP ini pada dasarnya akan jauh lebih terasa manfaatnya untuk masyarakat, terutama PUS yang tidak ingin anak lagi," terangnya. 

`Kepala Dinas PPKBPPPA juga menambahkan. Kami sampaikan terimakasih kepada Bapak Kapolres dan Ibu Bhayangkari beserta jajaran, Direktur RSUD dan jajaran, Tim PKMI dari Palembang, Bidan dan tenaga Penyuluh KB yg sdh berperan aktif mencari, mengantar dan mendampingi akseptor MOW/MOP dr sebelum oprasi sampai luka akseptor sembuh dan seluruh pihak yg sudah berperan aktif membantu kegiatan ini hingga berjalan dengan sukses" tandasnya.(dal)

Sumber: