Khawatir Air Danau Ranau Tercemar Limbah, Fraksi Partai Golkar Desak Pemkab OKU Selatan

Khawatir Air Danau Ranau Tercemar Limbah, Fraksi Partai Golkar Desak Pemkab OKU Selatan

MUARADUA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) meminta dan mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, melaksanakan Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Provinsi Lampung dan Pemkab Lampung Barat.

Hal ini terkait adanya rencana dari Pemkab Lampung Barat dan Pemprov Lampung yang akan melaksanakan pembangunan Keramba Ikan Skala Besar di Air Danau Ranau wilayah Lombok Daerah Desa Suka Banjar Lampung Barat.

 

Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten OKU Selatan, merasa Khawatir dengan adanya pembangunan keramba ikan skala besar disana bisa berpengaruh terhadap kondisi air serta ekosistem yang ada di Danau Ranau OKU Selatan,  dampak dari terjadinya polusi atau mengalirnya limbah yang berasal dari Kramba Ikan yang di bangun di daerah lombok Desa Suka Banjar Lampung Barat.

 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD OKU Selatan, Windya Alhadipuro S.E., di gedung DPRD OKU Selatan, Selasa (17/7/2022).

 

Dikatakan Windya, dari informasi yang dirinya dapatkan, pembangunan kramba ikan skala besar di daerah lombok Desa Suka Banjar Lampung Barat nilai investasi yang akan mereka laksanakan sangat besar sampai ratusan milyar dengan lahan puluhan hektar.

 

"Kita meminta Pemkab OKU Selatan segera melaporkan kepada Pemprov Sumsel terkait adanya pembangunan keramba ikan di daerah tersebut karena kita dari fraksi Golkar merasa khawatir air Danau Ranau bisa tercemar akibat aliran limbah yang berasal dari aliran air keramba ikan yang dibangun disana.

 

"Ini bukan persoalan kecil, adanya pembangunan keramba ikan di Desa Suka Banjar Lampung Barat dimana limbahnya jika mengalir ke ilir Danau Ranau bisa mempengaruhi ekosistem di air Danau Ranau yang ada di Wilayah OKU Selatan. Selain ekosistem yang di Danau Ranau OKU Selatan bisa menjadi tercemar juga bisa berpengaruh terhadap terkondisi air Danau Ranau," tegasnya.

 

Dituturkan Windya, jika air Danau Ranau milik OKU Selatan tercemar oleh limbah yang berasal dari keramba ikan yang ada di Lombok akan berpengaruh juga terhadap kesehatan warga.

Sumber: