KPID Sosialisasikan Literasi Media

KPID Sosialisasikan Literasi Media

Sosialisasi Literasi Media dengan tema Cerdas Memilih Isi Siaran Di Era Digital yang berlangsung di Lesehan Pondok Bambu, Jalan Raya Pemkab OKU Selatan, Selasa (9/8/2022).--

MUARADUA - Guna memberikan pengetahuan dalam melakukan kontrol sosial dalam menggunakan Media Sosial (Medsos), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) melakukan sosialisasi Literasi Media dengan tema Cerdas Memilih Isi Siaran Di Era Digital.

Kegiatan itu sendiri berlangsung di Lesehan Pondok Bambu, Jalan Raya Pemkab OKU  Selatan, pada Selasa (9/8/2022).

Bertindak sebagai nara sumber pada kegiatan ini, Ketua KPID Sumsel Herfriady MA, Koordinator Bidang Kelembagaan (Korbid) KPID Sumsel, Hasandri Agustiawan S, Ag., M. Si.

Ketua KPID Sumsel, Herfriady MA menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk dapat menganalisa dan memahami serta selektif dalam memilih isi berita, sesuai dengan tema kegiatan Literasi Media Cerdas Memilih Isi Siaran di Era Digital.

Dengan harapan agar masyarakat bisa memilih dan memilah tayangan yang bernilai edukasi baik itu program hiburan maupun informasi yang diperoleh.

Herfriady juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak segan untuk melaporkan tayangan yang tidak baik, agar terciptanya sinergi antara masyarakat dengan KPID demi mewujudkan penyiaran yang sehat dan edukatif.

"Untuk menciptakan siaran yang baik, sehat dan edukatif membutuhkan peran aktif dari masyarakat banyak dan KPID tentu saja akan menjadi wadah aspirasi masyarakat, sebagai komisi penyiaran untuk mengontrol, menghimbau dan memberitahu kepada masyarakat untuk setiap tayangan dari media elektronik," ucapnya.

Sementara itu Korbid Kelembagaan KPID Sumsel, Hasandri Agustiawan, S. Ag., M. Si yang merupakan putra asli Gunung Raya, OKU Selatan itu juga menyampaikan, pada dasarnya masyarakat sekarang ini telah menyadari peran penting dari media elektronik sebagai alat penyampai informasi dan telah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan ditengah masyarakat banyak.

Untuk itu dirinya mengajak mari bersama-sama menjadi kontrol pada setiap tayangan yang di tonton dan di sampaikan ke masyarakat.

“Mari kita bersama-sama memanfaatkan sosialisasi ini untuk menambah dan memperluas pengetahuan serta menjadi kontrol ganda dari setiap tayangan media elektronik dan mari kita bersama-sama wujudkan siaran yang baik dan edukatif," ucapnya.

Rani Dian Purnama Sari, salah satu peserta sosialisasi mengungkapkan, ia senang dengan kegiatan sosialisasi ini. Sebab ,selain menambah ilmu juga meningkatkan pengetahuan tentang kontrol siaran terhadap anak-anak. (dal)

Sumber: