Gelar Panen Ikan Sebagai Upaya Dukung Program Ketahanan Pangan

Gelar Panen Ikan Sebagai Upaya Dukung Program Ketahanan Pangan

Foto: Kepala Desa Tanjung Menang, Kecamatan Buay Pemaca, beserta warga saat melihat panen ikan hasil budi daya milik warga, Kamis (8/9/2022).--

BUAY PEMACA - Kepala Desa Tanjung Menang, Kecamatan Buay Pemaca, beserta warga melihat panen ikan hasil budi daya milik warga, Kamis (8/9/2022. 

 

Budi daya ini sendiri merupakan ide dari Kepala Desa Tanjung Menang, Kailani, untuk meningkatkan perekonomian warganya, sekaligus mendukung program Pemerintah.

 

“Dengan keterbatasan lahan pertanian, mari kita memanfaatkan lahan kering, lahan yang sempit dan lahan sekitar area rumah agar tidak ada yang sia-sia. Salah satunya, dengan budidaya ikan air tawar dan hidroponik," ucap.Kades Kailani yang didampingi Tarmizi, pemilik kolam saat membuka acara pelatihan dan budidaya ikan air tawar dan hidroponik.

Nantinya, ujar Kailani, akan diadakan pelatihan untuk peningkatan budidaya ikan ini. 

Kegiatan ini sendiri yang berlangsung di kolam milik warga Dusun Satu Desa Tanjung Menang, Kecamatan Buay Pemaca  ini diikuti 47 orang warga.

 

Kailani juga meminta kepada warga Tanjung Menang untuk serius mengikuti pelatihan tersebut. Apabila ada yang kurang dimengerti, maka bisa ditanyakan ke narasumber. 

 

"Jangan dianggap ini sekadar acara rutin dan seremonial. Jika telaten dan tekun akan berhasil. Tidak ada yang instan, sebab semuanya melalui proses, pekerjaan apapun itu,” tegasnya.

 

Harapan Kailani, bagi mereka yang sudah berhasil diminta membagikan ilmunya kepada warga yang lain. 

 

Sumber: