Siswa MTs Negeri 1 OKU Selatan Lakukan Praktek Menanam Melalui Hidroponik

Siswa MTs Negeri 1 OKU Selatan Lakukan Praktek Menanam Melalui Hidroponik

Siswa-siswi kelas IX.6 MTs Negeri 1 OKU Selatan melakukan praktek menanam dengan menggunakan media hidroponik.--

MUARADUA - Siswa-siswi kelas IX.6 MTs Negeri 1 OKU Selatan melakukan praktek menanam dengan menggunakan media hidroponik pada Sub BAP Teknologi Reproduksi Tanaman pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diruang kelas belajar langsung.

Andini Pratiwi S.Pd, selaku guru IPA mengatakan bahwa media yang digunakan praktek adalah Rockwoll yang sudah dibelah dari rumah kemudian siswa membawa juga benih sayuran bayam, kangkung , pakcoy dan selada.

"Sebenarnya mudah, caranya rockwool dibelah dilubangi pakai lidi, dimasuki benih, taruh rockwoll dalam baki plastik diberi air dan pastikan rockwoll sedikit terendam dan lembap, Untuk hasil sukses atau tidak itu dibutuhkan waktu  dua minggu lagi yang akan dipindahkan ke botol plastik bekas," ucapnya.

Ia, menmabahkan bahwa diperlukan media ini sebagai bentuk kreativitas dan inovasi untuk memanfaatkan lahan yang terbatas dengan sistem tanam hidroponik.

“Karena lahan kita terbatas, diperlukan kreativitas dan inovasi, salah satunya dengan sistem hidroponik,“ tambah Andini.

Hidroponik sendiri, jelasnya,  adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah serta menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Media yang digunakan pun media yang ramah lingkungan.

Menurutnya siswa-siswi mengikuti praktik hidroponik dengan antusias. Meskipun sistem hidroponik menggunakan air sebagai media tanam, tetapi pada praktiknya air yang diperlukan dalam bercocok tanam tidak sebanyak budidaya tanaman dengan cara konvensional.

“Melalui praktek hidroponik ini, semoga para siswa bisa mempraktikkan dilingkungan masing-masing," harapnya. (dal)

 

Sumber: