Pemdes Karang Agung Komitmen Majukan Pembangunan Desa

Pemdes Karang Agung Komitmen Majukan Pembangunan Desa

Foto: Pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) yang bertujuan menyusun daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun anggaran 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Desa Karang Agung, di Kantor Desa, Rabu (14/09/2022).----

SIMPANG – Pemerintah Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang Kabupaten OKU Selatan, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) yang bertujuan menyusun daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun anggaran 2023.

            Kegiatan ini sendiri berlangsung di Kantor Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang, kabupaten OKU Selatan, Rabu (14/09/2022).

Musdes ini dihadiri langsung Camat Simpang Mashur Darori. S.Sos.  Selain itu hadir juga Sekcam, Babinsa. Babinkamtibmas. Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat Nasrun Setyoni, SIP, Pendamping Desa. Pendamping Lokal Desa (PLD)  Ketua, BPD beserta anggota. Sekretaris Desa dan seluruh perangkat Desa. 

Selain itu hadir pula dalam kegiatan ini, tokoh masyarakat, tokoh agama Lembaga Adat Bidan Desa. Karang Taruna, Kader Posyandu, Guru Paud, serta unsur masyarakat setempat.

Kepala Desa Karang Agung, Adi Gautama, menyebutkan agenda utama musyawarah adalah untuk pembentukan tim penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).  

Diungkapkannya, banyak usulan yang disampaikan pada Musdes ini, terutama terkait infrastruktur desa.

Adapun beberapa usulan itu, ucap Kades, diantaranya Dusun 1 mengusulkan jalan rabat beton dan siring pasang. Dusun 2  usulan berupa jalan rabat beton. Dusun 3 berupa pengadaan air bersih, siring pasang dan lampu jalan. Dusun 4 pengadaan jembatan dan Dusun 5 pengadaan mesin diesel untuk penerangan.

Sedangkan untuk desa, sambung Kades, usulan yang diajukan berupa pengadaan mobil ambulance. Untuk non fisik, Rencana Kerja Pemerintah Desa meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, pembinaan masyarakat, penanggulangan bencana serta keadaan mendesak.

“Harapan kita, hasil dari musyawarah ini mampu menjadi acuan untuk mencapai kebijakan pembangunan yang maksimal, efisien dan efektif. Serta menjadi instrumen akuntabilitas transparansi Pemerintah Desa oleh masyarakat,” ucap Kades.

Pada kegiatan tersebut dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta Musdes dan permohonan maaf apabila disana sini masih banyak kekurangan.

Sementara itu Camat Simpang Mashur Darori, S.Sos, dalam sambutannya mengapresiasi terlaksananya Musdes tersebut.  Dia yakin, jika Musdes dihadiri seluruh pihak, seperti yang dilakukan desa Karang Agung, maka hasilnya akan baik.  Dan tentunya arah kebijakan sendiri akan tertata dengan baik.

“Selamat atas terselenggaranya Musdes ini. Semoga arah kebijakan dan pembangunan di Desa Karang Agung ini akan bisa berjalan dengan baik,” tutup Camat. (rel)

Sumber: