Pemerintah Desa Tanjung Menang Lakukan Musdes

Pemerintah Desa Tanjung Menang Lakukan Musdes

Pelaksanaan Musdes yang diselenggarakan Pemerintah Desa Tanjung Menang, Minggu (18/09/2022). --

BUAY PEMACA - Pemerintah Desa Tanjung Menang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2023 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun 2023 dan daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU-RKP-Desa) Tahun 2023 di Balai Desa Tanjung Menang  pada Minggu (18/09/2022).

Musyawarah yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJM-Desa). Perencanaan Desa Tahun 2023 merupakan tahun lima dari Program kegiatan RPJM-Desa tahun 2018-2023.

Musyawarah perencanaan pembangunan desa yang merupakan rangkaian acara penyusunan RKP-Desa tersebut dihadiri oleh Tim dari Kecamatan, unsur Pemerintah Desa, BPD, pengurus lembaga kemasyarakatan Desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, unsur perempuan dan juga stakeholder terkait. 

Pendamping  Desa, Marlin, memaparkan bahwa kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan di tahun 2022 ini belum semuanya terealisasi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan aturan dan instruksi dari Pemerintah terkait dengan Refocusing anggaran, sehingga kegiatan-kegiatan dimaksud menjadi prioritas kegiatan di tahun 2023 nanti.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Menang, Kailani, menyebutkan hal tersebut sesuai siklus dan sistematika Pembangunan Desa yang merujuk pada Permendagri Nomor 114 tahun2014 tentang Pembangunan Desa.

Dimana penyusunan RKP Desa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Tanjung Menang sudah sesuai tahapan dalam penyusunan DU RKP Desa yaitu melibatkan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD guna melakukan Musdes karena tahun ini tidak ada Musrenbang.

Selain itu pertimbangan-pertimbangan Pandemi Covid DU RKP tahun ini sekaligus di bawah Musrenbang adalah gagasan yang menarik dari masyarakat melalui perkumpulan di tingkat dusun yang di susun bersama dengan Pemerintah Desa untuk ditetapkan menjadi Perdes R Desa tahun 2022 untuk tahun 2023.

Senada Ketua BPD Tanjung Menang Andri, berharap mudah-mudahan Musdes RKP yang dilakukan dari bawah ini menjadi perencanaan yang matang dalam melakukan Pembangunan untuk tahun 2023.

“Mudah-mudahan semua proposal dapat sesuai dengan kemampuan keuangan Desa atau pagu didikatif anggaran dan Pendapatan Belanja Desa. Namanya juga rencana, semua proposal masyarakat kita tampung untuk kemudian di godok atau di olah oleh tim penyusun RKP yang secara langsung dikoordinasikan oleh Sekretsris Desa selaku ketua Tim Penyusun,” tuturnya. (ndi)

Sumber: