5 Provinsi Miliki Cadangan Batubara Terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan di Urutan Berapa?

5 Provinsi Miliki Cadangan Batubara Terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan di Urutan Berapa?

Tumpukan batu bara siap jual disalah satu tempat pengumpulan batubara (foto:net) --

   

HARIANOKUS.COM- Indonesia menjadi salah satu Negara dengan produksi batubara terbesar dunia setelah Negara Cina. Produksi batubara nusantara hampir memenuhi kebutuhan energi diberbagai belahan dunia.  

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat produksi batu bara Indonesia mencapai 600 juta ton per tahun.

Besarnya produksi batu bara tanah air itu sangat dipengaruhi tersedianya sumber daya dan cadangan batu bara yang tersimpan di sejumlah daerah di Indonesia yang mencapai 38,84 miliar ton tersebar di sejumlah Provinsi.

Berikut ini adalah 5 Provinsi di Indonesia memiliki cadangan batu bara terbesar: 

 

1. Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur merupakan daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Potensi cadangan batu bara di daerah ini mencapai 13,61 miliar ton.

 

 

2. Sumatera Selatan

Pertambangan batu bara di Provinsi Sumatera Selatan, terletak di Bukit Asam Tanjung enim Kabupaten Muara Enim, selain itu di Kabupaten Lahat dan Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan. 

Letak wilaya ini yang berada di endapan sedimen menjadikan wilayah ini memiliki potensi batu bara yang cukup besar atau nomor dua se Indonesia dengan potensi cadangan mencapai 9,29 miliar ton.

 

3. Kalimantan Selatan

Kalimantan selatan berada di urutan ketiga memiliki cadangan batubara terbesar secara nasional. kandungan batubara yang terdapat di daerah itu mencapai 3,67 miliar ton

 

4. Kalimantan Tengah

Potensi cadangan batu bara terbesar ke 4 masih berada di pulau Borneo yakni Kalimantan Selatan . daerah ini menjadi daerah penghasil batubara terbesar di indonesia karena memiliki cadangan sebesar 1,99 miliar ton

 

 

5. Jambi

Di pulau Sumatera Selain Provinsi Sumatera Selatan daerah yang memiliki potensi cadangan nomor besar ke 5 yakni Jambi dengan potensi cadangan mencapai  1,99 miliar ton

 Itulah 5 Provinsi yang memiliki cadangan batu bara terbesar di Indonesia. Dapat diketahui dari data yang dikeluarkan Kementerian ESDM jika Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera merupakan pulau  penghasil batubara terbesar. 

 

Sumber: kementerian esdm