PENGARUH KETOKOHAN BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN OKU SELATAN

PENGARUH KETOKOHAN BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN OKU SELATAN

--

 
 
 
Desas-desus Pilkada Bupati OKU Selatan sudah semakin riuh terdengar, mengingat sudah semakin dekatnya pilkada 2024 yang kurang lebih 1 tahun lagi akan dilaksanakan sebagai pesta kerakyataan dalam rangka mewujudkan demokrasi yang berdaulat, khususnya di kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. 
 
Pilkada Bupati menjadi salah satu agenda yang sangat dinantikan, karena di dalam proses pilkada Bupati akan lahirnya pemimpin baru, pemerintahan yang baru dan kebijakan untuk rakyat yang baru.
 
Namun sebelum itu terwujud akan hadir terlebih dahulu proses tahapan mulai dari pengenalan, pendaftaran, masa kampanye hingga hari pemilihan kepala daerah. 
 
Hal ini menjadi menarik terutama dalam proses pilkada tahun 2024 khususnya di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
 
 
Muncul pertanyaan dibenak penulis “kenapa pilkada 2024 yang pelaksanaannya masih satu tahun lagi, namun sudah bergelombang dipertengahan 2023”? 
 
Penulis mencoba menerka jawaban hal tersebut berdasarkan riset mandiri yang dilakukan secara random dengan beberapa opsi jawaban yang mungkin terjadi. 
 
Dari fakta  yang didapat bahwasanya wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan terhadap pilkada 2024 menjadi menarik dikarenakannya sudah habisnya 2 periode kepemimpinan Bupati saat ini.
 
Berdasarkan hal tersebut maka bupati yang saat ini menjabat tidak dapat lagi dicalonkan sebagai Bupati di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
 
Hal inilah yang mengharuskan adanya nama, tokoh, dan sosok pengganti dan diharapkan mampu melanjutkan keberhasilan pembangunan serta kepemerintahan yang sudah dilaksanakan oleh pendahulunya.
 
 
Menariknya Pilkada 2024 mendatang di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan saat ini sudah mulai bermunculan nama-nama putra terbaik yang berpotensi menjadi calon Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dengan survey yang di lakukan penulis berdasarkan spanduk ucapan yang dibuat dan disebar menjelang Idul Fitri 2023.
 
Hal ini pula dapat dijadikan salah satu objek pengenalan diri yang dilakukan oleh calon Bupati dalam bursa pilkada 2024.
Dari survey tersebut pula muncul hasil yang diperoleh penulis berdasarkan banyaknya spanduk dan poster ucapan yang tersebar khususnya di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
 
Nama-nama potensial tersebut di antaranya Bapak Heri Martadinata, Bapak Iwan Hermawan, ST., MM., Bapak Abusama, SH., Bapak H. Hengki Irawan, dan Bapak Carles Minarko, SE.
 
 
Ketokohan dari nama-nama tersebut digambarkan oleh penulis berdasarkan pekerjaan bakal calon tersebut, metode ini diambil penulis untuk membatasi lingkup dari luasnya tentang jawaban ketokohan yang dapat dijadikan sebagai subjek penelitian. 
 
Ketokohan potensial yang pertama yaitu bapak Heri Martadinata, sebagai tokoh muda inspiratif hal ini sejalan dengan sikap yang sangat mudah bergaul disemua lapisan masyarakat dan beliau juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Ketua DPC Partai Demokrat OKU Selatan, Ketua Karang Taruna dan juga menduduki posisi strategis di beberapa organisasi lain.
 
Hal ini tentu tidak mudah didapatkan oleh beliau tanpa adanya dedikasi dan prestasi yang tinggi, sosok muda yang inspiratif seperti HMD sapaan akrab beliau tentulah berpotensi besar untuk menjadi pemimpin kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di masa mendatang. 
 
Tokoh selanjutnya  bapak Iwan Hermawan, S.T., MM yang saat ini bekerja sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan selama dua periode, sudah barang tentu sepak terjangnya tidak diragukan lagi di dalam dunia politik. 
 
Selain itu beliau juga aktif di dalam dunia olahraga dibuktikan dengan menjadi ketua berbagai cabang olahraga, mulai dari beladiri, menembak, atletik. 
 
Berikutnya mengenal Bapak Abusama, SH, beliau adalah mantan anggota Polri dengan pangkat terakhir Iptu dan jabatan terakhir sebagai Kapolsek kecamatan Banding Agung juga merupakan tokoh yang menawarkan diri dengan menunjukkan keseriusannya dalam berpolitik dengan mengundurkan diri dari anggota Polri.
 
Hal ini menunjukkan bahwa beliau adalah sosok yang siap melanjutkan kepemerintahan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi, beliau juga memiliki istri yang aktif didalam dunia politik sebagai Ketua DPRD kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan periode 2014-2019 dan menjadi Wakil Ketua I DPRD kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan periode 2019-2024 yang juga merupakan anak pertama dari Bupati Ogan Komering Ulu Selatan periode 2005-2015 bapak Muhtadin Sera’i.
 
Kemudian kita mengenal tokoh menarik selanjutnya dari kalangan pengusaha yaitu Bapak H. Hengki Irawan, beliau terkenal sebagai Owner PT Titisan Sang Pangeran yang bergerak di bidang trasportasi yang ada di kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. 
 
Selain itu juga beliau memiliki tambang batubara yang berlokasi di Pulau Kalimantan, beliau juga merupakan keturunan pangeran H. Aminuddin gelar Pangeran Astrawinata. 
 
Selanjutnya tokoh yang terakhir dalam tulisan ini yaitu Bapak Carles Minarko, SE, beliau juga politisi senior yang dimiliki kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, sebagai putra daerah beliau juga memiliki potensi membanggakan dengan aktifnya sebagai DPRD kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan periode 2019-2024 sebagai Wakil Ketua II, beliau juga aktif di olahraga adventure dengan seringnya beliau mengikuti even offroad baik di dalam hingga keluar daerah, saat ini beliau juga menjabat ketua KONI periode 2022-2026.
 
 
Demikianlah sekilas opini penulis tentang pengaruh ketokohan sebagian bakal calon Bupati dalam Pilkada 2024 mendatang, dari pemaparan di atas tidak menutup kemungkinan akan munculnya tokoh baru yang menawarkan diri untuk menjadi Bupati kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan demi terciptanya generasi kepemimpinan agar pemerintahan yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi.
 
Siapa yang akan menjadi Bupati kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan? Rakyatlah yang akan menentukan pada Pilkada 2024 mendatang. Pilkada merupakan proses Demokasi dan menjadi pestanya rakyat dalam menentukan pilihan.
 
 
 
 
 

Sumber: penulis: arif siswanto spd i mpd