Bank Sumsel Luncurkan Program KKPD Secara Online

Bank Sumsel Luncurkan Program KKPD Secara Online

Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel saat memberikan materi. Foto : Desti/Harian OKU Selatan.--

MUARADUA HARIAN OKU SELATAN - PT Bank Sumsel Babel bersama Pemerintah Daerah (Pemda) OKu Selatan resmi meluncurkan implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan integrasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online dengan aplikasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Pemda OKU Selatan di Aula Serasan Seandanan Pemda OKU Selatan, kamis (27/07/2023).

 

Dalam sambutan Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Muaradua Nila Lusida, sampaikan Bank Sumsel Babel telah menciptakan inovasi baru yaitu Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

 

Pimpinan Bank Sumsel Babel Nila mengatakan, penggunaan aplikasi SIPD ini terkoneksi langsung bersama Bank Sumsel Babel. Hal ini menjadi yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Heri selaku ketua umum Sumsel MDA juga mengungkapkan, SIPD ini bukan hanya terkait dengan pengelolaan keuangan daerah semata. Namun, sistem itu juga berperan dalam proses integrasi e-database, e-planning, e-monev, dan e-Reporting.

 

Selain itu, peran SIPD juga meliputi seluruh proses, mulai dari perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan daerah, monitoring, evaluasi program dan anggaran daerah, hingga pelaporan.

 

"Tentunya Bank Sumsel siap mendukung hal ini dan Kemendagri juga mengatakan bahwa Bank Sumsel sebagai satu-satunya BPD yang paling banyak melalukan koneksi ke satuan pemko dan pemkab di provinsi yang ada di Indonesia,”ujar heri. 

 

Bank Sumsel Babel siap berperan aktif dalam ekosistem pengelolaan keuangan Pemerintah daerah baik untuk penerimaan maupun pengeluaran keuangan daerah untuk mendukung Pembangunan di Kabupaten OKU Selatan.(Desti)

 

Sumber: