Sumsel Bergabung dalam Platform Global Transisi Energi untuk Mendorong Pekerjaan Hijau dan Berkelanjutan

Sumsel Bergabung dalam Platform Global Transisi Energi untuk Mendorong Pekerjaan Hijau dan Berkelanjutan

Gubernur Sumsel Herman Deru-Foto: Pemprov Sumsel-

HARIANOKUS.COM - Dalam sebuah acara peluncuran yang diadakan secara virtual pada Kamis (10/8), Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Plt.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel, Ir. S.A Supriono, hadir untuk memeriahkan "The Just Energy Transition in Coal Regions - Interregional Platform (JET-CR Platform) Communities of Practice."

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI di Command Center.

JET-CR Platform bertujuan untuk memperkuat kapasitas dan berbagi pengalaman mengenai transisi energi yang adil di wilayah tambang batubara secara global, dengan mengambil pembelajaran dari Uni Eropa (UE).

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru dan Unsur Pimpinan DPRD Sumsel Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD TA 2024

Platform ini juga merupakan bagian dari proyek lebih besar yang disebut Kawasan Inovasi untuk Transisi Energi yang Berkeadilan.

Sumsel, sebagai salah satu provinsi dengan tambang batu bara terbesar di Indonesia, bergabung dalam komunitas ini untuk bersama-sama mengoptimalkan transisi energi.

Supriono menyampaikan dukungan Pemprov Sumsel terhadap percepatan transisi energi berkeadilan.

Ia berharap bergabung dalam komunitas ini akan membantu mengembangkan strategi efektif untuk memanfaatkan pekerjaan yang terkait dengan transisi energi.

BACA JUGA:Antusias Ribuan Warga Semende Raya, Sambut Kedatangan  Gubernur Herman Deru

Supriono juga menyoroti upaya Pemprov Sumsel dalam mengurangi produksi bahan bakar fosil sebagai bagian dari komitmen Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060 mendatang.

Dia mengakui tantangan dalam menurunkan produksi bahan bakar fosil karena dampak ekonomi dan sosialnya, namun ia menekankan pentingnya kerjasama antara semua pemangku kepentingan.

Dedi Januarsyah, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Sumsel, menambahkan bahwa Proyek Global Transisi Energi Berkeadilan memberikan peluang untuk menciptakan lapangan kerja hijau atau green jobs bagi kaum milenial di Sumsel.

BACA JUGA:Herman Deru  Tandatangani Prasasti Peresmian Masjid Akbar Desa Pulau Pangung

Dengan bonus demografi yang dimiliki Indonesia, peluang pekerjaan berbasis energi terbarukan (EBT) bisa menghasilkan 43 juta green jobs global pada tahun 2050.

Oleh karena itu, Disnakertrans Sumsel tengah menyiapkan program Green Jobs Training untuk generasi muda.

Acara peluncuran JET-CR Platform juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kementerian/Lembaga, Pemprov Sumsel, Pemprov Kalimantan Timur, BUMN, lembaga swasta, lembaga riset, universitas, lembaga pemikir, LSM/NGO, dan anggota Konsorsium IKI-JET. (rill)

Sumber: