PMI Gelar Pelatihan Relawan untuk Meningkatkan Pelayanan Sosial

PMI Gelar Pelatihan Relawan untuk Meningkatkan Pelayanan Sosial

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) gelar Pelatihan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Wilayah Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Kamis (24/08/2023).-Foto: Diskominfo OKUS-

Muaradua, HARIANOKUS.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) telah mengadakan Pelatihan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Wilayah Kabupaten OKU Selatan pada Tanggal 24 Agustus 2023.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Mardiana, SKM, M.M, dijelaskan bahwa PMI adalah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan.

BACA JUGA:Waduh! Akhir Tahun Ini Google Akan Hapus Akun Gmail, Ini Cara Amankan Akun

Tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan, selalu menjadi landasan bagi PMI.

Mardiana menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan relawan PMI agar dapat efektif dalam menjalankan tugas mereka kepada masyarakat.

BACA JUGA:Ternyata Tidak Sulit, Ini Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bercentang Biru

Tugas ini mencakup berbagai aktivitas, seperti pelayanan kesehatan darurat dan penanggulangan penderitaan akibat bencana, baik itu bencana alam maupun yang disebabkan oleh manusia. Tidak ada diskriminasi terhadap latar belakang korban yang membutuhkan pertolongan.

Sebanyak 75 peserta dari 19 Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan mengikuti pelatihan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI). Narasumber pelatihan berasal dari PMI Provinsi Sumsel dan PMI OKU Selatan.

Dalam sambutan, Ketua PMI Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo, S.H., yang disampaikan oleh Sekretaris PMI Kabupaten OKU Selatan, Maimunah, SKM., M.M., menekankan pentingnya semangat solidaritas dan empati dalam membantu sesama.

BACA JUGA:Ini Tips Kompres Video dengan Cepat dan Mudah tahun 2023

Isyana berpendapat bahwa menjadi relawan PMI adalah tanggung jawab besar yang mengharuskan para relawan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Relawan PMI menjadi harapan bagi mereka yang membutuhkan bantuan," ujarnya.

Sekretaris PMI menambahkan bahwa relawan harus setia, siap, pantang menyerah, dan selalu mengutamakan nilai kemanusiaan.

BACA JUGA: Raih 2 Mendali Emas di Babak Kualifikasi, Tim Putri FAJI OKU Selatan Berpeluang Lolos Tiket PON

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir, dan mendorong mereka untuk menggunakan pelatihan ini sebagai landasan untuk menjalani peran sebagai relawan PMI yang tanggap terhadap setiap situasi bencana.

Pelatihan ini berlangsung di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, dengan pembukaan oleh Sekretaris PMI Kabupaten OKU Selatan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pembinaan Relawan oleh perwakilan dari PMI Provinsi Sumsel, Muhammad Bima, dan materi kedua tentang Mitigasi Siaga Bencana Berbasis Masyarakat oleh Febri Nur Fitrianto, S.Si., M.Pd., Cht.(*)

Sumber: