Wah, Oppo Mendominasi Pasar Smartphone Indonesia, Raih Posisi Tertinggi dalam Pengapalan di Kuartal Kedua 2023

Wah, Oppo Mendominasi Pasar Smartphone Indonesia, Raih Posisi Tertinggi dalam Pengapalan di Kuartal Kedua 2023

--

HARIANOKUS.COM - Oppo telah meraih posisi puncak sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia, terutama dalam hal pengapalan selama kuartal kedua (Q2) tahun 2023.

Meskipun secara keseluruhan industri pengapalan smartphone mengalami penurunan selama periode tersebut.

Oppo berhasil mempertahankan posisinya dengan pangsa pasar sebesar 21%, seperti yang dilaporkan oleh Counterpoint, lembaga riset terkemuka.

Menurut laporan Counterpoint, pengiriman smartphone secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 10% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Xiaomi Lakukan Lompatan, Siapkan Sistem Operasi Baru MiOS, Apa Itu?

Hal ini terjadi selama April hingga Juni 2023. Namun, Oppo berhasil mencatatkan prestasi yang mengesankan dengan mempertahankan posisi teratas di pasar Indonesia.

Keberhasilan Oppo ini sebagian besar didukung oleh keberhasilan model kelas bawah dalam seri A17, yang meraih tingkat popularitas yang tinggi di pasaran.

Oppo terus melanjutkan kampanye pemasaran yang agresif serta meluncurkan model-model yang sukses pada kuartal sebelumnya, termasuk seri Reno8 T dan Find N2 Flip, yang telah mengukuhkan kehadiran merek ini di pasar.

Pada Q2 2023, posisi kedua dipegang oleh Samsung dengan pangsa pasar sebesar 19%. Keberhasilan Samsung ini terutama diperoleh melalui kontribusi signifikan dari seri Galaxy A04.

Selanjutnya, Vivo menempati urutan ketiga dengan pangsa pasar sebesar 17%, diikuti oleh Xiaomi dengan 15%, Realme dengan 11%, Infinix dengan 10%, dan merek lainnya dengan 7% pangsa pasar.

Yang menarik adalah peningkatan pengiriman yang dialami oleh Infinix, dengan pertumbuhan sebesar 17% dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Suzuki Avenis 125 2023, Motor Matic Kombinasi Desain India dengan Sentuhan Global

Infinix telah memfokuskan upayanya pada produk-produk dengan harga di bawah US$200 (sekitar Rp 3 juta) dan menawarkan spesifikasi yang lebih baik pada modelnya.

Perusahaan ini juga telah menjalankan strategi pemasaran yang agresif untuk meningkatkan kesadaran dan visibilitas mereknya.

Infinix sukses meluncurkan produk-produk baru seperti seri Note 30, seri Hot 30, dan seri Smart 7, yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pengapalan keseluruhan merek tersebut.

Dalam hal teknologi 5G, pengiriman smartphone 5G dengan harga kurang dari US$400 (sekitar Rp 6 juta) meningkat sebesar 11% dibandingkan tahun sebelumnya selama Q2 2023.

Vendor-vendor utama dalam segmen ini termasuk Samsung dengan seri Galaxy A14 5G, A23 5G, dan A34 5G, serta Xiaomi dengan seri Redmi Note 12. Terdapat juga kehadiran baru dalam segmen ini, yaitu seri iQOO Z7 5G. (*)

Sumber: