Bukan sekedar Bumbu Dapur, Daun Salam Punya 10 Manfaat Untuk Kesehatan

Bukan sekedar Bumbu Dapur, Daun Salam Punya 10 Manfaat Untuk Kesehatan

Daun Salam--

HARIANOKUS.COM - Salam atau sering disebut daun Salam, adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam bumbu masakan Nusantara dengan nama latin Syzygium polyanthum.

Daun salam, atau dalam Bahasa Inggris disebut Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, mengandung berbagai senyawa seperti niasin, serat, tannin, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, alkaloid, steroid, triterpenoid, dan flavonoid.

BACA JUGA:Fokus Bahas Persiapan Pemilu 2024 Yang Aman, Damai, dan Kondusif Di OKU Selatan

Perlu diketahui, salam sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu dapur. Tetapi daun ini, jika diolah punya banyak manfaat untuk kesehatan secara tradisional.

Berikut adalah 10 manfaat daun salam yang jarang diketahui untuk kesehatan:

1. Memperlancar saluran pencernaan: Daun salam digunakan untuk meredakan masalah pencernaan seperti sakit perut, infeksi saluran cerna, perut kembung, sembelit, dan diare.

BACA JUGA:Dengan Bahan-bahan Alami, Ini Tips Ampuh untuk Memutihkan Ketiak Hitam dan Menghilangkan Daki

2. Melegakan saluran pernafasan: Daun salam memiliki sifat antibakteri yang membantu melegakan saluran pernafasan dan dapat digunakan dalam bentuk salep atau aromaterapi.

3. Menurunkan kadar asam urat: Daun salam mengandung senyawa aktif seperti kuersetin, miristin, dan mirisetin yang membantu menurunkan kadar asam urat.

4. Mencegah hipertensi: Daun salam dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Siap-Siap, Hari ini Tujuh Kecamatan Di OKUS Bakal Padam Listrik

5. Meningkatkan kekebalan tubuh: Rebusan daun salam mengandung vitamin B6, B12, C, dan D yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menurunkan kadar gula darah: Penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan fungsi reseptor insulin.

7. Anti peradangan: Daun salam mengandung fitonutrien parthenolide yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sumber: