Gerakan Pangan Murah di OKU Timur, Upaya Menangani Kenaikan Harga Beras

Gerakan Pangan Murah di OKU Timur, Upaya Menangani Kenaikan Harga Beras

--

HARIANOKUS.COM - Tingginya harga pangan, khususnya beras, menjadi perhatian serius di wilayah OKU Timur. Harga beras di daerah ini telah mencapai kisaran Rp 12.500 hingga Rp 13.000 per kilogram.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten OKU Timur bersama Dinas Ketahanan Pangan mengambil langkah tegas dengan mengadakan Gerakan Pangan Murah. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor TP PKK OKU Timur, Kecamatan Martapura, pada Kamis, 21 September 2023.

 

Gerakan Pangan Murah ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten OKU Timur, TP PKK OKU Timur, dan Perum Bulog, dan tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

 

"Tujuan kami adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, Mohammad Yani, Kamis, 21 September 2023.

BACA JUGA:Cabor Renang OKUS Menggila, Bawa 14 Mendali di Porprov Lahat

Dalam rangka Gerakan Pangan Murah ini, telah disiapkan sekitar 700 paket atau karung beras berisi 5 kg. Selain itu, ada 300 paket sembako yang berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg tepung terigu.

 

"Totalnya, kami telah menyiapkan sekitar 5 ton atau 1.000 karung beras berisi 5 kg untuk Gerakan Pangan Murah ini,'ungkapnya.

 

Harga beras yang ditawarkan dalam program ini jauh lebih rendah daripada harga pasar, yaitu Rp 10.900 per kilogram. Sedangkan untuk paket sembako, dijual dengan harga Rp 82 ribu per paket, yang tentunya lebih ekonomis daripada harga di pasaran.

 

Sumber: