Terkendala Alat Daur Ulang Belum Tersedia, Penumpukan Sampah di TPA Pelawi OKU Selatan Terus Meningkat

Terkendala Alat Daur Ulang Belum Tersedia, Penumpukan Sampah di TPA Pelawi OKU Selatan Terus Meningkat

Alat berat meratakan tumpukan sampah di TPA Pelawi, Sabtu (23/9).-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang terletak di Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan saat ini menerima pasokan sampah sebanyak 50 Ton Perhari.

 

Pasokan sampah ini berasal dari berbagai daerah, termasuk Kecamatan Simpang, BSA, Muaradua, Buay Rawan, Simpang Sender, Warkuk Ranau Selatan, Banding Agung, dan Kecamatan Mekakau Ilir.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Selatan, Hermansyah Said, S. IP, melalui Kepala UPT TPA Pelawi, Aan Supriadi, SE., M.M, saat dikonfirmasi, membenarkan kondisi saat ini di TPS Pelawi. 

 

BACA JUGA:Sedang menyusut Dangkal, Sungai Komering Jadi Tempat Bermain Anak

 

Saat ini, sampah yang tiba di TPA Pelawi masih terus ditumpuk dan ditanam karena belum tersedia alat pengelolaan yang memadai.

 

"Kami berharap bahwa di masa mendatang, kami dapat mengelola sampah ini, namun saat ini kami masih kesulitan karena belum memiliki peralatan yang diperlukan untuk pengelolaan sampah," ujar Aan Supriadi.

 

Meskipun demikian, kapasitas TPA Pelawi saat ini belum mencapai over kapasitas, karena lahan TPA memiliki luas sekitar 32 Hektar, sementara yang sudah terisi baru mencapai 5 Hektar.

 

Sumber: