Dinas Sosial Oku Selatan Gelar Bimtek Verifikasi Dan Validasi Kelayakan Penerima Bantuan Sosial

Dinas Sosial Oku Selatan Gelar Bimtek Verifikasi Dan Validasi Kelayakan Penerima Bantuan Sosial

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Sosial, menyelenggarakan sebuah acara penting hari ini yang bertujuan meningkatkan akurasi data dan memastikan kelayakan penerima bantuan sosial.-foto: Desti/Hos-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Sosial, telah mengadakan sebuah acara penting hari ini yang bertujuan meningkatkan akurasi data dan memastikan kelayakan penerima bantuan sosial.

 

Acara ini diadakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten OKU Selatan dan dihadiri oleh 45 peserta, termasuk 19 Petugas Lapangan Sosial (TKSK) dan 26 anggota Tim Pencacah dari 19 Kecamatan di wilayah OKU Selatan.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Bapak Arifin Hadi, S.T., menegaskan bahwa tujuan utama dari Bimbingan Teknis (Bimtek) Verifikasi dan Validasi adalah untuk menghasilkan data yang tepat guna dalam pelaksanaan program kesejahteraan yang optimal serta membangun basis data yang valid. 

 

BACA JUGA:Gelar Simulasi Antisipasi Tim Gabungan Keamanan dalam Persiapan Pemilu 2024

 

"Dengan kevalidan data ini, kami berharap dapat menghindari masalah seperti penerima bantuan yang tidak seharusnya menerima atau adanya data ganda, di antara masalah lainnya,"jelasnya.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Bapak Zulfakar, S.Sos., Kepala Dinas Sosial OKU Selatan, menyoroti kesesuaian Bimtek ini dengan pedoman yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Sosial No. 03 tahun 2021 mengenai Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

Peraturan ini memberikan arahan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi data terpadu individu miskin, memastikan bahwa penerima program sosial yang tepat dan akurat.

 

Sumber: