Kenali Kode Tutup Radiator, Kesalahan dalam Pemilihan Bisa Berakibat Serius pada Mesin Kendaraan Anda

Kenali Kode Tutup Radiator, Kesalahan dalam Pemilihan Bisa Berakibat Serius pada Mesin Kendaraan Anda

kode di Tutup Radiator.-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Tutup radiator mungkin tampak seperti komponen kecil dan sepele, namun perannya sangat penting dalam menjaga suhu mesin kendaraan bermotor Anda tetap stabil.

Tutup radiator sering kali memiliki kode 0.9 atau 1.1, dan kode ini bukanlah hal yang bisa diabaikan.

Memilih tutup radiator yang salah bisa mengakibatkan masalah serius pada sistem pendinginan mesin kendaraan Anda.

Tetapi apa sebenarnya maksud dari kode tersebut dan apa yang bisa terjadi jika Anda memilih tutup yang salah?

Menurut Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, kode tersebut menunjukkan batas kemampuan tutup radiator dalam menahan tekanan.

BACA JUGA:Aveta DY90 2023: Motor Bebek Retro dengan Tampilan Mirip Honda Astrea Grand, Harga Terjangkau!

Namun, penting untuk diingat bahwa semakin tinggi angka kode tersebut, bukan berarti semakin baik, karena angka tersebut sebenarnya mencerminkan besaran tekanan dalam satuan bar.

Jadi, jika tekanan dalam radiator mencapai angka tersebut, maka katup pada tutup radiator akan terbuka, mengubah aliran air radiator.

Meskipun pada pandangan pertama, tutup radiator mungkin terlihat seperti benda yang sederhana, sebenarnya di dalamnya terdapat dua katup yang mengarah ke arah yang berbeda.

Kode yang tertera pada tutup radiator menunjukkan titik di mana katup tekanan tinggi akan terbuka, memungkinkan air radiator menuju tangki reservoir.

BACA JUGA: Inilah 3 Ban Motor Paling Awet Di Jalanan - Berikut Merek Dan Keterangannya!

Ketika katup tekanan tinggi terbuka, tekanan dalam saluran radiator tetap stabil dan tidak melebihi batas yang ditentukan. Ini mencegah kerusakan pada komponen radiator atau mesin.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti kode yang ditetapkan pada tutup radiator sesuai dengan mobil Anda, karena setiap kendaraan memiliki batas tekanan yang berbeda. 

Pabrikan mobil menguji tutup radiator untuk memastikan tekanan maksimum sebelum mobil dijual ke konsumen.

Sumber: