Ulama Diharapkan Jadi Penyejuk Umat di Tengah Perbedaan dalam Pesta Demokrasi

Ulama Diharapkan Jadi Penyejuk Umat di Tengah Perbedaan dalam Pesta Demokrasi

--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H Sholehien Abuasir, SP., M.Si., turut serta dalam acara dan memberikan pembukaan pada Seminar Pendidikan Demokrasi yang diadakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zona 4 Komering Raya di Islamic Center Muaradua pada Jumat (10/11/2023) malam.

Dalam seminar yang mengangkat tema "Optimalisasi Peran Ulama dalam Mensukseskan Pemilu," H Sholehien Abuasir mengungkapkan apresiasinya terhadap MUI OKU Selatan yang menyelenggarakan kegiatan ini, terutama dengan melibatkan peserta dari daerah tetangga.

Menurutnya, pelaksanaan seminar ini tepat pada waktunya. "Semoga acara ini memberikan bekal bagi para ulama untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kedamaian, kerukunan, dan menghindari perpecahan akibat perbedaan pandangan politik," ucapnya.

BACA JUGA:Antusiasme Meluap! Kedatangan Abusama Disambut Hangat Warga

Wakil Bupati menyoroti banyaknya perbedaan yang muncul dalam pesta demokrasi, dan ia menekankan bahwa tugas utama para ulama adalah menjaga atmosfer damai, khususnya di lingkungan mereka masing-masing.

"Kita berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat tidak menjadikan perbedaan sebagai hal negatif. Keberagaman adalah hal biasa; mari kita jadikan ini sebagai sarana untuk mempererat kekerabatan dan silaturahmi," tambahnya.

KH Ayik Farid Alay Idrus, Sekretaris Umum MUI Sumsel yang mewakili Ketua MUI Sumsel, berharap agar seminar ini memberikan bekal bagi para ulama dalam menjalankan peran mereka dalam pesta demokrasi, dengan terus menjaga kerukunan umat.

Ia juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terhadap program dan kegiatan MUI.

Ketua MUI OKU Selatan, H Ali Fuad, menambahkan bahwa Pemkab OKU Selatan terus memberikan dukungan, termasuk dukungan dana hibah, untuk mendukung program MUI di Kabupaten tersebut.

BACA JUGA:Resmi Mengaspal,Electrum Rilis Motor Listrik Terbaru H5 dengan Kecepatan Maksimal 90 Kpj dan Desain Ergonomis

Terkait seminar demokrasi, ia berharap para ulama dapat menjadi penyejuk di tengah masyarakat selama pelaksanaan pesta demokrasi.

"Fungsi ulama diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, menciptakan ketenangan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam pesta demokrasi ini," ujarnya.

Dalam laporan kegiatannya, Ketua Panitia, Syamsul Huda, menjelaskan bahwa tujuan dari seminar ini adalah memberikan pendidikan demokrasi secara sistematik mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa.

Seminar ini diikuti oleh 100 peserta dari Komering Raya, melibatkan Kabupaten OKU Selatan, OKU, OKU Timur, dan OKI.

Sumber: