Gelar Monitoring Stabilitas Harga Sembako oleh Pemkab OKU Selatan di Pasar Saka Selabung Muaradua

Gelar Monitoring Stabilitas Harga Sembako oleh Pemkab OKU Selatan di Pasar Saka Selabung Muaradua

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melakukan pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Koperasi Saka Selabung Kota Muaradua, Selasa (14/11).-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan aktif melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Koperasi Saka Selabung Kota Muaradua pada Selasa (14/11).

Kegiatan ini dilakukan guna memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok di wilayah tersebut.

Tim pemantauan terdiri dari Bagian Ekonomi Setda OKUS, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Camat Miaradua, Pol-PP, serta tim lainnya.

Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) OKU Selatan, Permiadi Haikal, S. Sos., M.M, menjelaskan bahwa tujuan dari pemantauan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman langsung mengenai ketersediaan bahan pokok dan harga di pasar.

BACA JUGA:Peringatan HUT Korpri ke-52, Gelar Acara Workshop, Turnamen Bulu Tangkis, dan Kegiatan Amal

Haikal juga menekankan bahwa kegiatan ini memberikan kemampuan kepada Pemkab OKU Selatan untuk merespons dengan cepat terhadap lonjakan harga yang mungkin terjadi.

Pemantauan dilakukan terutama terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) dan harga acuan, terutama di Pasar Saka Selabung Muaradua, agar tetap stabil.

"Menjelang natal dan tahun baru sudah sering terjadi kelonjakan harga. Untuk itulah, hasil survei hari ini jadi acuan laporan kepada pimpinan sekaligus mengantisipasi kenaikan harga, terutama harga cabai yang cukup melonjak menjadi sorotan di Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Taufikurahman, menambahkan bahwa pemantauan harga pasar ini dilakukan untuk memastikan agar harga yang ditetapkan oleh pedagang tetap stabil dan tidak memicu inflasi.

"Kita berharap harga pokok tetap stabil antara pedagang dan pembeli," ungkapnya.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, Zakiah, SE., MM, menyoroti pentingnya informasi yang diberikan kepada masyarakat terkait ketersediaan dan harga pokok di Pasar Saka Selabung Muaradua.

Dia menegaskan perlunya dukungan dari dinas terkait untuk mengumpulkan data yang akurat dan inovatif agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti secara langsung dan seksama oleh masyarakat Kabupaten OKU Selatan. (dal)

Sumber: