BPBD OKU Selatan Tanggap Cepat Atasi Tanah Longsor Jalan Porpros Danau Ranau

BPBD OKU Selatan Tanggap Cepat Atasi Tanah Longsor Jalan Porpros Danau Ranau

-Foto: Dok HOS-

Buay Rawan, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, berhasil mengatasi tanah longsor yang menutupi badan jalan di Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, pada Sabtu (2/12/2023). 

Tanah longsor tersebut terjadi akibat tingginya intensitas hujan pada musim penghujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, melakukan aksi pembersihan dan berhasil membersihkan tanah longsor tersebut sehingga jalan provinsi tersebut dapat kembali dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. 

BACA JUGA:Anak Dianiaya Berulang Kali, Ortu Pilih Tempuh Jalur Hukum

Meskipun demikian, Bupati OKU Selatan, Popo Ali M.,B.Comm., mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati mengingat kondisi jalan yang banyak berbukit dan rawan terjadi tanah longsor.

Lebih lanjut, Bupati Popo Ali M.,B.Comm. sudah menginstruksikan Dinas terkait untuk memasang imbauan dan police line di titik rawan longsor guna meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Apalagi di tengah pandemi COVID-19, pemerintah daerah OKU Selatan harus bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," himbaunya.

Jalan yang tertutup material longsor, adalah jalan utama yang menghubungkan antara kota dengan daerah-daerah sekitar. 

Akibat bencana alam tersebut, terjadi kemacetan panjang yang menyebabkan keterlambatan berbagai macam kegiatan termasuk event tahunan JASS XI tahun 2023 yang akan dilaksanakan di kawasan tersebut.

BACA JUGA:Warga Keban Agung OKU Temukan Mayat di Sungai

Kendati, dilanda kemacetan akibat tanah longsor tersebut, BPBD OKU Selatan dengan cepat merespon dan berhasil membersihkan material longsor. 

BPBD berharap, kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa datang dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tidak menambah risiko terjadinya tanah longsor. 

Selain itu, BPBD juga mengimbau, masyarakat untuk selalu mengikuti imbauan dari pihak berwenang terkait tata cara penggunaan jalan yang aman selama musim penghujan.

Pemerintah daerah OKU Selatan akan terus meningkatkan kesiap-siagaan dalam menghadapi kemungkinan krisis terkait bencana alam di masa depan. 

Sumber: