Atlet Porprov OKU Selatan Keluhkan Bonus yang Belum Cair

Atlet Porprov OKU Selatan Keluhkan Bonus yang Belum Cair

atlet OKU Selatan di salah satu Cabor, yang berjuang di ajang Porprov Sumsel di Lahat 2023.-FOTO: DOK HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Para atlet yang meraih prestasi gemilang untuk Kabupaten OKU Selatan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) bulan September 2023, kini menyuarakan kebingungan mereka karena bonus yang dijanjikan belum juga dicairkan hingga saat ini.

"Saya bersama rekan-rekan atlet OKU Selatan yang berjuang keras di Porprov Lahat bulan September 2023 merasa kecewa. Sampai detik ini, kami belum menerima bonus yang seharusnya diberikan sesuai dengan pencapaian medali," ungkap Sukron Effendi dalam cuitannya di Grup Facebook pada Kamis (21/12).

Dalam cuitannya, Sukron juga menyampaikan bahwa mereka sudah mencoba mengonfirmasi masalah ini kepada Dinas Olahraga, namun jawaban yang diterima selalu menyebutkan bahwa Surat Keputusan (SK) Bupati masih berada di Bagian Hukum.

"Sebulan setelah itu, kami mencoba bertanya lagi, dan jawabannya masih sama, bahwa SK Bupati masih berada di bagian hukum. Baru-baru ini, ketika kami mencoba lagi, jawabannya tetap tidak berubah," tambahnya.

BACA JUGA:Bupati Popo Ali Martopo Apresiasi Perjuangan Kontingan OKU Selatan Di Ajang Porprov Sumsel ke XIV Lahat

Dalam ungkapannya, Sukron menyampaikan kegelisahannya.

"Mohon bantuan, kami yang masih status siswa sangat membutuhkan bonus tersebut. Kami telah berjuang untuk mengharumkan nama OKU Selatan, bahkan ada yang sampai cedera demi memperjuangkan OKUS. Tahun 2023 akan segera berakhir, namun belum ada kejelasan dari dinas olahraga," kata dia.

Tak hanya itu, dalam tulisannya, Sukron juga bertanya ke mana seharusnya mereka mengadukan masalah ini.

"Pada tahun 2021, bonus kami cair sangat cepat, tidak sampai sebulan. Namun, tahun ini sudah lebih dari 3 bulan, dan tahun ini akan segera berakhir tanpa ada kejelasan," tegasnya.

Ketua Koni OKU Selatan, Carles Minarko, SR, ketika dikonfirmasi, menyampaikan permohonan maaf karena bonus atlet sudah dianggarkan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PBD) OKUS Tahun 2023, dan penyalurannya bukan kewenangan Koni OKUS, melainkan Dispora OKUS yang bertanggung jawab.

BACA JUGA:OKU Selatan Raih Peringkat lima Porprov Sumsel ke-XIV, Komitmen Tingkatkan Prestasi Tahun Depan

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) OKU Selatan, Abdi Irawan, S. STP., M. Si, menyampaikan bahwa proses pencairan masih berlangsung.

"Mohon bersabar, karena masih dalam proses. Yang pasti, ini menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten OKU Selatan," tandasnya. (Dal)

Sumber: