Keindahan Alam Air Gemburak: Potensi Destinasi Wisata Tersembunyi Kabupaten OKU Selatan

Keindahan Alam Air Gemburak: Potensi Destinasi Wisata Tersembunyi Kabupaten OKU Selatan

Air Panas Gemburak yang terletak di desa Lawang Agung Muaradua Kisam. -Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-

HARIANOKUS.COM -  Potensi keindahan alam Kabupaten OKU Selatan semakin terkuak dengan ditemukannya Air Gemburak, sebuah mata air panas yang terletak di sisi Sungai Saka, Desa Lawang Agung, Kecamatan Muaradua Kisam.

Keunikan Air Gemburak ini menjadikannya sebagai daya tarik potensial untuk dijadikan Icon Wisata di wilayah tersebut.

Air Gemburak, yang terletak di tepi aliran sungai, tetap mempertahankan suhunya yang panas, bahkan saat musim banjir.

Sebuah fenomena menarik terjadi di sekitar area ini, dimana warga setempat dapat merebus telur ayam dengan normal menggunakan air brelang atau Air Gemburak tersebut.

Amri, seorang warga Desa Lawang Agung, menjelaskan bahwa keaslian Air Gemburak menjadi aset berharga bagi OKU Selatan. Menurutnya, lokasi ini memiliki daya tarik yang cukup unik.

BACA JUGA:Tak hanya nikmat untuk lalapan, 5 manfaat Daun Kemangi untuk kesehatan tubuh

BACA JUGA:Musim Hujan Nih, Waspada Terhadap Beberapa Penyakit Potensial Berikut ini Loh !

Selain dapat menikmati mandi di sungai yang bersih, tempat ini juga dianggap sebagai tempat alternatif untuk berobat penyakit kulit.

"Kalau bagusnya dikelola sebagai kawasan wisata, karena memang lokasinya cukup menarik. Selain bisa menikmati mandi di sungai yang bersih, bisa juga jadi tempat berobat penyakit kulit," ungkap Amri.

Lokasi Air Gemburak sendiri berjarak sekitar 10 KM dari permukiman warga dan dapat dicapai dengan menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki karena kondisi jalan yang masih perlu perbaikan.

Warga setempat berharap ada peran aktif dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk mengelola potensi wisata ini dengan baik.

Dengan perbaikan akses jalan dan pengelolaan yang tepat, mereka yakin bahwa Air Gemburak bisa menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi. (Dal)

Sumber: