Jatah Pupuk Subsidi Untuk Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024 Kembali Turun

Jatah Pupuk Subsidi Untuk Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024 Kembali Turun

Kuota Pupuk Subsidi di OKU Selatan tahun 2024 akan kembali turun dibandingan kuota tahun 2023 lalu.-foto: Antara-

HARIANOKUS.COM - Jumlah jatah pupuk bersubsidi yang dialokasikan ke wilayah Kabupaten OKU Selatan pada tahun 2024 mengalami penurunan signifikan.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 700/KPTS/Perta-OKUS 2023, kuantitas pupuk bersubsidi jenis Urea yang tersedia sebanyak 11.753,4 Ton, sementara NPK sebanyak 13.045,1 Ton.

Perbandingan dengan tahun sebelumnya, yakni tahun 2023, menunjukkan penurunan pada jenis Urea sebesar 12 Ton, dan NPK juga mengalami penurunan kuota.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan, Syahtomi, SP., M.M melalui Kabid Sapras Julaeka, STP., M. TA, pada wawancara yang dilakukan pada Kamis (11/01).

BACA JUGA:Tragedi Berdarah Di Lapangan Volly, Mengaku Kesal Karena Disepelekan Tidak Bisa Bermain

BACA JUGA:Aniaya Noerman, Yones Di Ciduk Anggota Polres OKU Selatan

Syahtomi menjelaskan bahwa penurunan jumlah kuota pupuk bersubsidi ini sesuai dengan SK Bupati Nomor 700/KPTS/Perta-OKUS 2023, yang juga mengatur penetapan alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi sektor pertanian TA 2024.

Meskipun terjadi penurunan, dia menegaskan bahwa akan ada pengajuan tambahan jika memang diperlukan, sejalan dengan instruksi dari Kementerian.

Dalam penjelasannya, Syahtomi menyebutkan bahwa realisasi pengajuan pupuk bersubsidi saat ini baru mencapai 52 persen untuk Urea dan 29 persen untuk NPK.

Angka tersebut jauh dari kebutuhan petani yang mencapai ribuan ton, namun ia menekankan bahwa pengajuan tambahan masih memungkinkan dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya. (Dal)

Sumber: