Petani di OKU Selatan Resah, Buah Pisang Sering Digondol Maling

Petani di OKU Selatan Resah, Buah Pisang Sering Digondol Maling

Salah satu batang pisang milik petani yang habis dicuri.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

HARIANOKUS.COM - Petani di beberapa Desa yang terletak di Kecamatan Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan, diliputi kegelisahan akibat ulah para pencuri yang merampas hasil tani berupa buah pisang.

Kejadian tersebut terjadi di wilayah Desa Padang Sari dan Padang Bindu pada Sabtu (13/01).

Para pelaku pencurian belum teridentifikasi, namun modus operandi yang digunakan mereka cukup mencolok, yaitu dengan mencabut pisang tanpa melakukan penebangan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Inalilahi...Terlantar Lemas di Palembang, Romi Krisna Warga Baturaja Meninggal Dunia

Aksi tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas petani pisang setempat, karena mereka harus menghadapi potensi kerugian akibat tindakan pencurian tersebut.

Ramon Andes, salah seorang petani pisang yang tinggal di Desa Padang Bindu, Kecamatan Buay Runjung, menyatakan kekhawatiran bersama dengan sesama petani.

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini, jumlah pelaku masih belum diketahui karena mereka melancarkan aksinya pada waktu yang tidak dapat diprediksi.

BACA JUGA:Awas ! Jangan Ngopi Setelah Minum Obat, Ini Penjelasan dampak Negatifnya

"Kami sebagai petani merasa resah saat ini. Pisang merupakan salah satu sumber penghasilan utama kami, namun jika terus digondol oleh pencuri seperti ini, kami khawatir kehilangan hasil tani," ujar Ramon Andes.

Menghadapi potensi kerugian yang terus meningkat, petani pisang diharapkan pihak kepolisian dapat segera mengambil tindakan untuk mengidentifikasi dan menangkap pelaku pencurian.

Harapan ini diutarakan oleh komunitas petani pisang, yang merasa perlunya perlindungan agar mereka dapat menjalankan usaha pertanian mereka dengan aman. (dal)

Sumber: