Menikmati Cita Rasa Khas Sumatera Selatan, dengan Lele Bumbu Kuning OKU Selatan

Menikmati Cita Rasa Khas Sumatera Selatan, dengan Lele Bumbu Kuning OKU Selatan

Lele bumbu kuning cita rasa khas masyarakat OKU Selatan yang menggoda selera-Poto: Hendri/HOS-

HARIANOKUS.COM - Kuliner lele bumbu kuning adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan citarasa yang khas dan gurih.

Hidangan ini, khususnya populer di wilayah Sumatera Selatan, terutama di Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan), di mana banyak warung makan menjajakan kuliner lele bumbu kuning mereka.

Dalam proses pembuatan hidangan ini, ikan lele yang digunakan harus yang sudah bersih dan segar. Kemudian, lele diberi bumbu kuning yang dihasilkan dari campuran berbagai rempah seperti kunyit, jahe, dan serai.

Setelah itu, ikan lele dikukus dan digoreng hingga matang dan garing. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan seperti mentimun dan daun kemangi.

BACA JUGA:Tumisan Cumi Cabai Hijau, Sensasi Gurihnya Memanjakan Lidah!

Bumbu kuning yang digunakan untuk hidangan lele bumbu kuning ini adalah yang membedakan dengan hidangan serupa lainnya.

Bumbu kuning ini, terbuat dari campuran rempah seperti kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah, dan bawang putih.

Kemudian bahan-bahan tersebut, dihaluskan dan dibumbui dengan gula merah, garam, dan air asam, sehingga menghasilkan bumbu kuning yang lezat dan harum.

Hidangan ini, bisa Anda temukan dengan mudah ketika berkunjung ke OKU Selatan. Biasanya, banyak warung makan yang menjual kuliner lele bumbu kuning di sepanjang jalan.

BACA JUGA:7 Pilihan Obat Batuk Berdahak untuk Dewasa di Apotek

Selain itu, Anda juga bisa menemukannya di sejumlah restoran dan warung makan di daerah tersebut.

Selain lezat, sisi keunggulan kuliner lele bumbu kuning ini, adalah harganya yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Dengan harga mulai dari Rp10.000-Rp20.000 per porsi, Anda sudah bisa menikmati hidangan ini.

Kuliner lele bumbu kuning cita rasa khas masyarakat OKU Selatan, merupakan hidangan yang wajib dicoba bila Anda sedang berkunjung ke daerah Sumatera Selatan.

Cita rasanya yang khas, dan bahan-bahan alaminya tentu akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan untuk Anda cicipi.

Sumber: