Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak, Sekretaris Daerah Pemkab OKU Selatan Hadiri Rapat Koordinasi

Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak, Sekretaris Daerah Pemkab OKU Selatan Hadiri Rapat Koordinasi

Sekretaris Daerah Pemkab OKU Selatan M. Rahmattullah, S.STP.,M.M. hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumatera Selatan (GPISS) di ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur, Palembang, Sumatera Selata-foto: Diskominfo OKUS-

Palembang, HARIANOKUS.COM - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, M. Rahmattullah, S.STP.,M.M., menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumatera Selatan (GPISS).

Rapat tersebut berlangsung di ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur, Palembang, Sumatera Selatan, pada Kamis (25/1/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Sumsel, Basyaruddin Akhmad.

Dalam kesempatan tersebut, Basyaruddin menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, dan perbankan yang dikoordinir oleh Bank Indonesia untuk merealisasikan GPISS.

Melalui Operasi Pasar Murah, berbagai bahan pangan dan pokok akan dijual dengan harga jauh lebih murah dari pasaran, berkisar antara Rp 3 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Tragedi, Aisyah Tenggelam Saat Mencoba Ambil Busa TV di Sungai Musi

Beberapa bahan pokok yang akan dijual dengan harga subsidi meliputi cabai merah seharga Rp 24 ribu/kg, bawang merah Rp 10 ribu/kg, bawang putih Rp 20 ribu/kg, gula pasir Rp 13 ribu/kg, beras Rp 10 ribu/kg, dan telur Rp 24 ribu/kg.

GPISS merupakan inisiatif konkret dari Pemerintah Provinsi Sumsel yang diprakarsai oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, untuk menekan laju inflasi, khususnya di Kabupaten Muara Enim, Kota Palembang, Kota Lubuk Linggau, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Pihaknya berharap agar Kabupaten dan Kota segera berkolaborasi dengan BUMN dan BUMD di daerah masing-masing.

BACA JUGA:Jangan salah, Tekanan Angin Ban Perlu rutin di cek, ini Penjelasan Waktu yang paling tepat pengisiannya

Basyaruddin menambahkan, "PT Bukit Asam dapat membantu Tanjung Enim dan Muara Enim, Semen Baturaja dapat membantu OKU. Kemudian, di Kota Palembang, terdapat Pusri, Pertamina, dan lain sebagainya. Bank Sumsel Babel yang memiliki cabang di 17 kabupaten/kota juga akan menggelar pasar murah."

Operasi Pasar Murah (OPM) akan dilaksanakan secara serentak di Sumsel setiap Senin, Selasa, dan Kamis setiap pekannya, dimulai dari jam 08.00 WIB hingga selesai.

Di Kota Palembang, OPM akan terselenggara di dua lokasi berbeda, yaitu di Kantor Camat Ilir Timur II dan Samping Kantor Korem 044 Gapo KM 5 Palembang.

Sekretaris Daerah Pemkab OKU Selatan, M. Rahmattullah, S.STP.,M.M., menyambut baik program ini.

Sumber: