Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Kemenag OKU Selatan Gelar Pelatihan Manajemen Zakat

Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Kemenag OKU Selatan Gelar Pelatihan Manajemen Zakat

Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Kemenag OKU Selatan Gelar Pelatihan Manajemen Zakat untuk Peningkatan Kesadaran Masyarakat.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

HARIANOKUS.COM - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang bersama Kementerian Agama (Kemenag) OKU Selatan telah menyelenggarakan pelatihan manajemen zakat di MAN 2 OKU Selatan pada Senin (29/1).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan, Dr. H. Karep, S. Pd., MM, beserta jajaran staf Kemenag dan 100 peserta dari berbagai unsur, termasuk Guru Madrasah, Pengasuh Pondok Pesantren, dan Pengurus Amil Masjid.

Dalam sambutannya, Dr. H. Karep menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang atas kerjasamanya dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan dalam menyelenggarakan pelatihan manajemen zakat.

BACA JUGA:Polsek Kisam Tinggi Sukses Ringkus Pelaku Pencurian Handphone dan Uang Di Desa Air Alun

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan peningkatan dalam pengelolaan zakat, khususnya di Kabupaten OKU Selatan.

Menurut Karep, pengelolaan zakat di masyarakat masih perlu ditingkatkan sesuai dengan regulasi Undang-Undang nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Oleh karena itu, pelatihan ini dianggap sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pengelolaan zakat.

BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Giatkan Pengendalian Inflasi Melalui Operasi Pasar Murah Serentak

Ia berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan nantinya dapat menyebarkan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat.

Mewakili Kepala BDK Palembang, H. Mukmin menekankan pentingnya manajemen pengelolaan zakat sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mukmin mengungkapkan bahwa di Indonesia masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan, sementara sebagian kecil orang menguasai sebagian besar kekayaan negara.

BACA JUGA:Menikmati Wisata Danau Ranau dengan Menginap di Penginapan Terbaik di Sekitarnya

Melalui pelatihan ini, BDK Palembang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan berupaya memasyarakatkan dan membudayakan zakat agar pengelolaannya semakin meningkat di wilayah tersebut.

Setelah pembukaan, peserta mengikuti Building Learning Commitment (BLC) untuk menciptakan suasana yang baik dan membuat komitmen bersama.

Sumber: