Wajib Tahu Bun, Inilah Kiat Penting Agar Anak Terhindar dari Stunting

Wajib Tahu Bun, Inilah Kiat Penting Agar Anak Terhindar dari Stunting

Ilustrasi Anak-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Stunting, kondisi gagal tumbuh kembang baik fisik maupun otak akibat gizi buruk kronis pada 1000 hari pertama kelahiran, menjadi fokus utama dalam program strategis nasional.

Mengatasi stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan peran aktif ibu hamil dan masyarakat. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting:

1.Konsumsi Makanan Bergizi Selama Hamil:

   Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi, seperti telur ayam, susu, buah, sayur, dan vitamin lainnya. Hal ini bukan hanya untuk pemenuhan gizi ibu, tetapi juga penting bagi perkembangan bayi dalam kandungan.

2.Rajin Periksakan Kandungan ke Puskesmas:

   Periksakan kandungan minimal 6 kali selama kehamilan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Pemeriksaan ini tidak dikenakan biaya dan memungkinkan deteksi dini terhadap potensi masalah kesehatan pada bayi.

BACA JUGA:Pemerintah Himbau Masyarakat Tidak Membangun di Sempadan Danau

BACA JUGA:Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Kemenag OKU Selatan Gelar Pelatihan Manajemen Zakat

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan:

   Kebersihan lingkungan adalah kunci untuk mencegah penyakit, termasuk stunting. Lingkungan yang bersih membantu mengurangi risiko penyakit seperti diare.

4. Air Bersih:

   Konsumsi air bersih sangat penting. Jika sumber air berasal dari sumur, pastikan sumur tetap bersih dan terjaga kebersihannya.

5. Rajin Periksakan Bayi ke Posyandu:

   Setelah bayi lahir, penting untuk membawanya secara teratur ke Posyandu. Ini memungkinkan pemantauan perkembangan dan pertumbuhan bayi serta deteksi dini potensi masalah kesehatan.

Sumber: