Misteri Denmark, Negara Bebas Korupsi dengan Fasilitas Gratis yang Menakjubkan

Misteri Denmark, Negara Bebas Korupsi dengan Fasilitas Gratis yang Menakjubkan

tangkapan layar instagram Jerhemy saat berada di Denmark-INSTAGRAM-

HARIANOKUS.COM - Denmark, negara Nordik terletak di Skandinavia, Eropa Utara, telah menjadi sorotan berkat klaim bahwa negara ini memiliki tingkat korupsi terendah di dunia dan sebagian besar fasilitasnya gratis.

Sebuah konten kreator muda, Jerhemy Owen, dengan 736 ribu pengikut di akun Instagramnya, baru-baru ini mengungkapkan pengalaman kunjungannya ke Denmark.

Jerhemy Owen mengklaim bahwa Denmark merupakan negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia dan hampir semua fasilitasnya gratis.

Dalam unggahan di akun Instagram @jerhemynemo pada pertengahan Desember 2023, Owen menyatakan.

"Inilah salah satu negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia, hampir semuanya itu gratis, cuy. Ya, kira-kira begini bayangannya kalau di Indonesia tidak ada korupsi."

Dalam video yang diunggahnya, Owen menjelaskan bahwa fasilitas umum di Denmark sangat baik.

Menurutnya, pendidikan di Denmark, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi, semuanya gratis.

Fasilitas kesehatan, termasuk layanan dokter, rumah sakit, dan obat-obatan, juga disediakan secara gratis oleh pemerintah Denmark.

Owen bahkan menyinggung tentang gaji yang tinggi di Denmark, meskipun biaya hidupnya cukup tinggi. Dia mencatat bahwa gaji tukang sampah di Denmark dapat mencapai ratusan juta rupiah per tahun.

"Bayangin aja, gaji tukang sampah atau tukang bersih-bersih disini itu kurang lebih Rp900 juta pertahunnya. Ini tukang sampah loh, gimana yang lain coba," ujarnya.

Tidak hanya itu, Owen juga memuji fasilitas transportasi di Denmark yang sangat baik. Menurutnya, kualitas transportasi umum dapat menjadi indikator kematangan suatu negara.

Owen mengamati bahwa tidak pernah melihat orang miskin di Denmark, dan menilai hal tersebut terjadi karena ketiadaan korupsi.

Meskipun pajak di Denmark cukup tinggi, mencapai 40%, Owen mencatat bahwa warganya percaya pada pemerintah mereka, yang telah membuktikan kualitas layanan dan fasilitas terbaik untuk masyarakatnya.

Jerhemy Owen berharap Indonesia dapat meniru keberhasilan Denmark dalam menciptakan negara yang aman, damai, dan bebas korupsi. (*)

Sumber: