Petani Pisang di Muaradua Bersihkan Kebun Demi Pertumbuhan yang Lebih Subur

Petani Pisang di Muaradua Bersihkan Kebun Demi Pertumbuhan yang Lebih Subur

Petani pisang bersihkan kebunnya menggunakan mesin rumput-Poto: Hendri/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Perawatan tanaman pisang tidak hanya memerlukan air dan nutrisi yang cukup. 

Kebersihan dan kelancaran aliran udara yang memasuki area bawah tanaman pisang juga memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman pisang yang sehat dan subur. 

Oleh karena itu, para petani pisang di Muaradua memutuskan untuk membersihkan kebun mereka dari rumput liar.

Melalui upaya menjaga kebersihan area di sekitar pohon pisang, diharapkan akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan tanaman dan buah pisang mereka. 

BACA JUGA:Tingkat Pengangguran Menurun, Pemerintah Buka Formasi CPNS Tahun 2024 Sebanyak 690 Ribu Orang

Hal ini dibuktikan oleh beberapa petani, yang menyaksikan perbaikan kualitas buah yang terlihat lebih baik setelah memilih menebas rumput menggunakan mesin rumput yang efisien daripada metode manual yang memakan waktu dan tenaga.

Salah satu petani pisang, Tawi, yang tinggal di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, merupakan contoh dari petani yang menjaga kebersihan area kebunnya dan menggunakan mesin rumput untuk memotong rumput liar di sekitar pohon pisang. 

Tawi menjelaskan, bahwa dengan menggunakan mesin rumput, kebersihan kebunnya dapat tetap terjaga dengan lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA: Monitoring dan Koordinasi Persiapan Pemilu 2024, Kapolres dan Ketua KPUD OKUS Cek Gudang Logistik

"Ketika memotong rumput dengan menggunakan mesin, saya bisa menyelesaikan tugas dalam waktu tiga hari. Kalau harus dilakukan secara manual, memakan waktu bisa sampai satu minggu," ujar Tawi. Pada hari Jum'at (2/2/2024). 

Pemotongan rumput tidak hanya membuat area di sekitar pohon pisang terlihat lebih bersih dan rapi, tetapi juga mempengaruhi peningkatan produksi dan kualitas buah pisang. 

Hal ini, karena ruang yang lebih bersih memberikan akses udara yang lebih baik dan sinar matahari yang lebih maksimal pada pohon pisang di sekitar area. 

BACA JUGA:Usai Berikan Ceramah Agama Ustad Solmet Ikut Promosikan Pesona Danau Ranau

"Dengan demikian, tanaman dan buah pisang dapat memperoleh nutrisi lebih baik dan alami, secara otomatis dapat meningkatkan jumlah dan kualitas buah yang dihasilkan," jelasnya. 

Sumber: