298 WBP Lapas Muaradua OKU Selatan Ikut Antusias Salurkan Hak Pilih di Pemilu 2024

298 WBP Lapas Muaradua OKU Selatan Ikut Antusias Salurkan Hak Pilih di Pemilu 2024

Salah seorang Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas IIB Muaradua OKU Selatan, saat megikuti Pemilu 2024 di TPS Khusus 901.-Foto: Rendi Kurniawan/ HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Sebanyak 298 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas IIB Muaradua OKU Selatan, juga ikut menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2024

Dari pantauan di lokasi, kegiatan berlangsung di TPS Khusus 901 Lapas Muaradua inipun berjalan dengan Kondusif, aman dan lancar.

Terlihat dari proses kegiatan, satu persatu warga diakomodir oleh para petugas yang terdiri dari KPU, Bawaslu, anggota pengamanan dari TNI, Polri dan petugas Lapas. 

Dengan menggunakan baju khusus berwarna putih, setiap 8 warga binaaan akan di panggil petugas dari kamar hunian untuk mengantri di TPS. 

BACA JUGA:Warga Binaan Lapas OKU Selatan Manfaatkan Daur Ulang Karpet Telor untuk Hiasan

Kemudian barulah satu persatu warga binaan ini masuk ke bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya, dan selasi dari itu kembali masuk ke kamar hunian.

"Alhamdulilah, sejauh ini pelaksanaan pemilu 2024 di TPS Khusus 901 ini berjalan aman dan lancar. Untuk start TPS Khusus ini, kita buka sejak pukul 08:30 WIB dan berjalan hingga selesai," ujar Reza Yudhistira Kurniawan SH., MS.I Kalapas kelas IIB Muaradua di bincangi 14 Februari 2024.

Dijelaskan Reza untuk WBP di lapas Muaradua ini berjumlah total 332 orang. Terdiri dari 38 tahanan dan 294 narapidana. 

Sedangkan untuk rincian pada Pemilu 2024 di lapas Muaradua, untuk DPT (daftar pemilih Tetap) berjumlah 210 orang, DPT.b (Daftar Pemilih Tambahan) 160 orang, Daftar pemilih yang sudah bebas 54 orang.

BACA JUGA:Bupati OKUS Serahkan Remisi Warga Binaan Lapas

" Adapun WBP yang bisa memilih total 298 orang, ditambah ada 18 pegawai Lapas juga memilih di TPS ini. Jadi totalnya kurang lebih 316 orang, " jelasnya.

"Harapan kami, pada pemilu 2024 yang berlangsung saat ini akan berjalan sukses aman dan lancar sampai dengan selesai. Dan dengan kontribusi para WBP ini juga pada akhirnya juga bisa menghasilkan para pemimpin terbaik kedepan ini," timpalnya.

Sementara itu, Herlan salah satu Warga binaan Lapas Muaradua yang mengikuti Pemilu 2024 ini, mengaku antusias untuk menyalurkan hak pilihnya.

Sumber: