Sambut Ramadhan, UPT SMPN-02 Buay Pemaca Ajak Siswa Doa Bersama

 Sambut Ramadhan, UPT SMPN-02 Buay Pemaca Ajak Siswa Doa Bersama

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-02) Buay Pemaca Siap sambut Ibadah puasa,-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADAUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 1145 Hijriah atau 2024 Masehi, keluarga besar UPT SMP Negeri 02 Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan mengajak siswa untuk mengadakan acara Yasinan dan Doa Bersama, serta membersihkan halaman sekolah pada Sabtu, 09 Maret 2024.

Meidewin, M. Pd.I, Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-02) Buay Pemaca, menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai bentuk persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan yang akan tiba beberapa hari lagi.

Selain mengadakan Yasinan dan Doa Bersama, kegiatan juga meliputi pembersihan lingkungan sekolah agar tetap bersih, rapi, nyaman, dan indah, sehingga memberikan kenyamanan bagi siswa.

BACA JUGA:Astaga, Harga Getah Karet di Wilayah OKU Selatan Kembali Turun, Produksi Ikutan Menurun

"Yasinan dan Doa Bersama ini dilakukan untuk mengajak siswa dan para dewan guru dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan kekuatan, kesehatan, serta kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa," ujarnya.

Meidewin menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengajak siswa agar senantiasa menjaga dan melestarikan ajaran agama serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Istilah 'Yasinan bersama' ini, dalam masyarakat umum dikenal sebagai ruahan, yang dilaksanakan setiap menjelang Bulan Suci Ramadhan. Di sekolah, kami mengadakan Yasinan bersama," jelas Meidewin.

Setelah selesai acara Yasin dan Doa Bersama, siswa sepakat untuk melakukan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah guna menjaga kebersihan dan menanamkan pola hidup bersih.

BACA JUGA:Ini Mengkhawatirkan! Anak 11 Tahun Tewas Setelah Mengikuti Tantangan 'Chroming' di TikTok

"Kebersihan lingkungan sekolah mencerminkan kenyamanan selama proses belajar mengajar berlangsung," tambahnya.

Dengan demikian, diharapkan pesan penting tentang menjaga kebersihan lingkungan akan tertanam dalam hati siswa, sehingga mereka terbiasa dengan perilaku bersih dan sehat.

"Alhamdulillah, semua siswa merasa senang dan kompak saat melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah, sehingga semua sampah dan rumput liar berhasil dibersihkan dan lingkungan sekolah menjadi lebih rapi," tandasnya. (Dal)

 

 

Sumber: