Wah, Danau Kasmaran Gemiung Siap Diubah Menjadi Destinasi Wisata Unggulan oleh Pemerintah OKU Selatan

Wah, Danau Kasmaran Gemiung Siap Diubah Menjadi Destinasi Wisata Unggulan oleh Pemerintah OKU Selatan

Gambaran Draf Perencanaan Penataan Pengembangan Wisata Danau Kasmaran Desa Gumiung, Kecamatan Buana Pemaca-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berencana mengubah Danau Kasmaran di Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca, menjadi destinasi wisata utama dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan revitalisasi sektor Pariwisata.

Rencana ini sejalan dengan Draf Perencanaan Pengembangan Wisata Danau Kasmaran Desa Gumiung, Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan yang telah disusun oleh Disparbud.

Rencana tersebut dijadwalkan untuk direalisasikan dalam waktu 1-2 tahun mendatang.

"Proses penyusunan rencana pengembangan destinasi wisata Danau Asmara Desa Gumiung Kecamatan Buana Pemaca masih berlangsung. Kami berharap pembangunan dapat segera dilaksanakan," ungkap Jos Akherman, S.STP., M. Si, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pada Senin, 18 Maret 2024.

BACA JUGA:Turun Langsung, Kapolres OKU Selatan Bubarkan Balap Liar

Dikatakannya bahwa Draf Penataan Destinasi Wisata Danau Asmara yang disusun oleh Pemerintah Daerah bertujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata sebagai upaya pemulihan ekonomi daerah.

"Dalam draf ini, kami akan membangun berbagai spot lokawisata yang menarik bagi pengunjung, seperti Spot Cafe-Resto, Spot Cottage Resort, Spot Cottage Resort Private, Spot Kuliner Alam Persawahan, dan Spot Permainan-Playground," jelasnya.

Pemerintah Daerah berupaya meningkatkan sektor pariwisata sebagai salah satu cara untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memajukan sektor kepariwisataan di Kabupaten OKU Selatan.

"Lokasi yang strategis dan aksesibilitas yang baik membuat Danau Kasmaran memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambahnya.

BACA JUGA:Peringatan Bahaya Pernikahan Dini, Dinas KB Himbau Remaja di OKU Selatan

"Kami berharap rencana ini segera terealisasi sehingga dapat menambah kawasan wisata di OKU Selatan, memberikan beragam pilihan wisata bagi para pengunjung," tandasnya. (Dal)

Sumber: