Prediksi Panen Kopi Tahun Ini Meningkat, Kabar Gembira bagi Petani di OKU Selatan

Prediksi Panen Kopi Tahun Ini Meningkat, Kabar Gembira bagi Petani di OKU Selatan

Petani kopi OKU Selatan, prediksi peningkatan harga tahun ini.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Komoditas petani kopi di berbagai wilayah Kabupaten OKU Selatan memprediksi panen raya pada Bulan Juli mendatang akan mengalami peningkatan hasil.

Hal ini dikarenakan jika dibandingkan dengan panen pada Tahun 2023 lalu, produksi kopi mengalami penurunan akibat cuaca yang tidak mendukung akibat kemarau panjang.

Tidak hanya itu, para petani kopi juga akan tersenyum senang, dengan kabar gembira bahwa harga kopi telah mencapai Rp. 50.000 per kilogram.

Budi, seorang warga Desa Pematang Danau, Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan mengaku gembira mendengar kabar bahwa harga kopi telah naik.

BACA JUGA:Air Panas Danau Ranau Terus Menarik Perhatian Wisatawan

"Alhamdulillah, saya senang mendengarnya karena harga kopi sudah tinggi, sekarang sudah mencapai Rp. 52.000. Beberapa waktu lalu hanya Rp. 48.000," ucapnya.

Dengan adanya kenaikan harga yang cukup signifikan ini, tentunya sangat menggembirakan bagi kami para petani kopi, terutama menjelang panen raya.

Selain itu, hasil panen tahun ini diperkirakan akan meningkat karena mendapat dukungan dari cuaca yang bagus.

"Panen raya diperkirakan akan dilakukan pada Bulan 4-7 tahun 2024. Untuk buah, sejauh ini di daerah yang lebih dingin termasuk cukup lebat. Namun, di daerah yang lebih panas, produksi buah agak kurang," ujarnya.

BACA JUGA:Harga Pupuk Subsidi dI OKU Selatan Melambung Tinggi, Petani Mengeluh

Sebagai petani, harapannya adalah agar harga tetap stabil hingga masa panen nanti, dan tidak mengalami penurunan.

"Jika harga ini bisa bertahan, kami akan merasa senang dan terbantu sebagai petani, karena dengan harga Rp. 52.000 tentunya sangat membantu," ungkap Budi.

Meskipun menurut Budi, harga ini masih tergolong standar, karena di Provinsi Lampung harga kopi saat ini telah mencapai Rp. 54-55.000.

"Tetapi, harga Rp. 52.000 ini cukup bagus. Selama lebih dari 10 tahun, harga belum pernah sebelumnya mencapai level seperti ini," tambahnya.

Sumber: