Sumsel Hebat, Rasio Elektrifikasi Capai 99,01 Persen Berkat Program Listrik Masuk Desa

Sumsel Hebat, Rasio Elektrifikasi Capai 99,01 Persen Berkat  Program Listrik Masuk Desa

Guberur bersama GM PLN WS2JB saat meresmikan lsitrik masuk desa (Foto: Humas Provinsi)--

HARIANOKUS.COM – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama PLN terus mengejar rasio elektrifikasi dengan membangun infrastruktur jaringan listrik melalui program listrik masuk desa di sejumlah daerah.

 

Baru baru ini bahkan  Gubernur Sumatera Selatan meresmikan langsung listrik masuk desa  yang dipusatkan di Lapangan Desa Ulak Kembang Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Muba, Kamis (26/1/2023 ) lalu.

 

Jaringan listrik yang diresmikan meliputi Desa Ulak Kembang, Desa Sungai Angit Kabupaten Muba dan listrik masuk  Desa Arisan Jaya Kabupaten OKU Timur serta Desa Perajen Jaya Kabupaten Banyuasin.

 

Diresmikannya listrik masuk di 4 desa tersebut maka  rasio listrik  di Sumsel  saat ini mencapai 99,01 persen. 

 

Senior general Manager (GM)  PLN UID S2JB, Jaka Sumantri  mengatakan program listrik masuk desa yang terus didorong Pemerintah Provinsi telah meningkatkan rasio elektrifikasi  dari 98,98 persen tahun 2021  menjadi 99,01 persen pada tahun 2022. 

 

Dia menyebutkan dalam memenuhi listrik di 4 Desa  di tiga Kabupaten di Sumsel ini, PLN membangun saluran tegangan menengah sepanjang 56,63 kms,  jaringan pembangunan saluran tegangan rendah sepanjang 34,62 kms dan 24 unit gardu distribusi dengan total investasi senilai Rp. 15,5 miliar.  

 

Pihaknya sendiri pada tahun 2023 menargetkan 12 Desa baru di Sumsel untuk teraliri listrik yang nantinya dapat meningkatkan rasio elektrifikasi menjadi 99,38 persen. 

 

Sumber: rilis humas pemprov