5 Kota Paling Maju di Sumatera Selatan, Apakah Masuk Kotamu? Cek Disini

 5 Kota Paling  Maju di Sumatera Selatan, Apakah Masuk Kotamu? Cek Disini

--

HARIAN OKUS.COM- Ukuran sebuah kota besar dan maju dapat dilihat dari beberapa sektor yang mempengaruhinya. Sebagaimana menurut E.W. Burgess (Yunus, 1999) kota besar mempunyai kecenderungan berkembang ke arah luar di semua bagian-bagiannya.

 

 

 

Ada beberapa ciri-ciri kota besar dan maju dilihat dari beberapa aspek, mulai dari kawasan pusat atau kawasan bisnis, adanya tempat peralihan atau lokasi pengembangan baru, terdapat daerah kawasan industri, serta perekonomian masyarakat yang makmur.

 

BACA JUGA:4 Kota Terpopuler di Sumatera Bagi Wisatawan, Nomor 3 Tidak Disangka Ternyata Bukan Kota?

Menurut Grunfeld bahwa kota adalah suatu wilayah yang di mana jumlah penduduk yang tinggal cukup padat dan lebih padat daripada kepadatan wilayah nasional dan bagi para penduduk yang tinggal di perkotaan.

 

 

Biasanya penduduknya bekerja di sektor non agraris atau bukan sektor pertanian. Selain itu, Grunfeld juga mengatakan bahwa bangunan yang ada di perkotaan berupa gedung-gedung tinggi dan jarak antar gedungnya tidak jauh.

 

 

BACA JUGA:10 Kota dan Kabupaten Penghasil MIGAS di Sumatera Selatan, Urutan Pertama Ada Muba Bagaimana Daerahmu ?

Sementara menurut Max Weber, kota adalah sebuah wilayah atau daerah yang di mana penduduk dari wilayah tersebut mayoritas bisa memenuhi semua kebutuhan ekonomi pasar lokal yang ada di wilayah tersebut.

 

 

 

Nah di Sumatera Selatan, mana saja kota besar dan maju menurut kriteria tersebut, berdasarkan data banyak sumber ini  urutan kota besar dan maju di Sumatera Selatan.

 

BACA JUGA:Helo guys!! Berikut Ini Daftar 5 Kota Besar di Pulau Sumatera, Apakah Ada Kota Mu Yuk Lihat

 

1  Kota Palembang

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dengan luas wilayah 400,61 km² dengan jumlah penduduk lebih dari 1,6 juta. Palembang merupakan kota terpadat dan terbesar kedua di Sumatera setelah Kota Medan,

Palembang dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai wilayah metropolitan di Indonesia dengan kawasan yang disebut Patungraya Agung atau Palembang Raya. Hal ini dibuktikan dengan pesatnya pembangunan berbagai fasilitas dan sarana bertaraf internasional di kota Palembang.

 

 

 

 

Mulai bandara, sarana olahraga, hotel hotel bintang, pusat perbelanjaan seperti Mall, dan berbagai sarana seperti RLT termasuk pesatnya pembangunan perumahan baik rumah mewah dan untuk golongan ekonomi menengah ke bawah.

 

BACA JUGA:7 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan dengan Penduduk Terpadat

 

 

2  Kota Lubuk Linggau

Kota Lubuklinggau merupakan salah satu kota setingkat kabupaten yang letaknya paling barat dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan.  

 

 

 

Kota Lubuklinggau memiliki posisi geostrategis dengan menjadi Kota perlintasan jalur tengah Sumatera yang menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Bengkulu di sisi Barat, Provinsi Lampung di sisi Selatan dan wilayah lainnya di bagian utara Pulau Sumatera.

 

BACA JUGA:Waduh..!!!.Ada Kota Palembang, 7 Daerah Ini Indek Keparahan Kemiskinan Tertinggi di Sumsel

 

Dengan bertemunya berbagai arus lalu lintas tersebut, Kota Lubuklinggau menjadi Kota transit atau Kota pertemuan berbagai kepentingan sosial, ekonomi dan budaya yang menjadikan Lubuk Linggau kota terus bergerak maju di Sumatera Selatan.

 

 

 

3  Kota Baturaja

Baturaja adalah ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan yang terbagi menjadi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat dan Lubuk Raja. Baturaja memiliki penduduk berjumlah 143.006 jiwa dengan luas wilayah 274,38 km².  Kota Baturaja merupakan pusat perekonomian masyarakat di Kabupaten OKU.

 

 

BACA JUGA:Wow! Sumsel Masuk Daftar 10 Kota yang Dikenal Penghasil Cewek cewek Cantik

Perkembangan Kota Baturaja terlihat dari mulai berdirinya fasilitas seperti mall dan hotel bintang 5 dan terus berkembangnya pemukiman penduduk melalui banyaknya pembangunan real estate.

 

 

 

4  Kota Prabumulih

Kota Prabumulih  adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan Kota Prabumulih memiliki penduduk sebanyak 195.748 jiwa, dengan kepadatan sebanyak 451 jiwa/km² dan merupakan kota ketiga terbesar di Sumatera Selatan, setelah Kota Palembang dan Kota Lubuk Linggau.

 

 

 

Kota Prabumulih salah satu kota maju di Sumsel sekaligus pusat transaksi dengan perkembangan kota dan geliat perekonomian masyarakatnya yang mulai ramai

 

 

 

 

5  Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang–Undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115).

 

 

 

Kota Pagar Alam termasuk kota administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Kota ini memiliki luas sekitar 633,66 km² dengan jumlah penduduk 147.537 jiwa pada tahun (2021) dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 233 jiwa/km².

 

 

 

Pagar Alam dikenal kota maju karena mempunyai potensi wisata yang menarik minat wisatawan, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Potensi ini yang terus menggerakan kota pagaralam terus maju dan berkembang sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Selatan. (**)

 

Sumber: diolah dari berbagai sumber