Danau Berubah Warna Ini Penjelasan Warga, Dinas Lingkungan Hidup Segera Turunkan Tim Ambil Sampel Air dan Ikan

Danau Berubah Warna Ini Penjelasan Warga, Dinas Lingkungan Hidup Segera Turunkan Tim Ambil Sampel Air dan Ikan

--

MUARADUA, HRIANOKUS.COM- Masyarakat khususnya nelayan di sekitar Kecamatan Banding Agung juga turut merasakan panen ikan dampak fenomena "Bentilehan" yang terjadi di perairan Danau Ranau. 

 

Gejala alam yang siklusnya terjadi lima tahun sekali akibat naiknya asam belerang ke permukaan itu membuat warga di sekitar Danau Ranau ramai-ramai panen ikan.

 

Jika sejak beberapa hari lalu warga di sekitar  La'ai, dan singa murai panen berbagai jenis ikan karena bentelahan, kini fenomena yang langka ini juga meluas di sekitar Banding Agung. 

 

Naiknya asam belerang yang dibawa ombak Danau menyebabkan banyak ikan keracunan dan naik ke permukaan sehingga memudahkan masyarakat untuk menangkapnya.

 

Menurut masyarakat sekitar, jika kadar belerangnya yangkeluar lebih tinggi maka ikan –ikan besar punakan naik ke permukaan karena mabuk. 

 

Bentilehan yang terjadi saat ini, kadar belerang cukup tinggi karena banyak ikan besar yang naik ke permukaan akibat keracunan.

 

"Seperti ikan, lampam, mujair, harongan dan kepor banyak ditemui mabuk keracunan belerang,”tutur warga BandingAgung Darwin.

 

Sumber: