Jelang Pilkades Serentak OKU Selatan, Dinas PMPD Tetapkan 67.714 Jumlah DPT

Jelang Pilkades Serentak OKU Selatan, Dinas PMPD Tetapkan 67.714 Jumlah DPT

Foto: Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B,Commerce saat meninjau langsung pelaksanaan Pilkades beberapa tahun lalu. Foto: Dok/Harian OKU Selatan.--

MUARADUA, HARIAN OKU SELATAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten OKU Selatan yang di ikuti oleh 82 Desa bakal berlangsung pada 4 Mei 2023 mendatang.

 

Untuk itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 67.714, yang terdiri dari 35. 878 mata pilih laki-laki dan 31.836 Perempuan.

 

Kepala Dinas PMPD OKU Selatan, A. Romzi, SE., M.M melalui Kepala Bidang (Kabid) Administrasi dan Kerjasama Antar Desa, Zainal Arifin, TD., SE saat dibincangi Harian OKU Selatan, Selasa (14/3) menyebutkan selain menetapkan jumlah DPT, pihaknya juga telah menetapkan jumlah Calon dan Bakal Calon Kepala Desa (Kades) sebanyak 253 dari 82 Desa.

 

Dirincikannya, dari 82 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, 77 Desa sudah ditetapkan Calon, 4 Desa lainnya bakal dilakukan Tes Seleksi dan 1 Desa lainnya yakni Desa Sumberingin Kecamatan Buay Pemaca akan dilakukan perpanjangan pendaftaran dari 25 Febuari hingga 16 Maret 2023 karena baru ada 1 Bakal Calon saat penutupan pendaftaran.

 

Sementara, yang tercatat memiliki 2 pasang Calon ada 29 Desa, 3 pasang Calon ada 27 Desa, 4 pasang Calon ada 17 Desa dan 5 Pasang Calon ada 4 Desa.

 

Dilanjutkan oleh Zainal Arifin, TD., SE, penetapan DPT ini sendiri sesuai dengan data yang diinput oleh Panitia Desa ke Panitia Kabupaten yang dikoordinatori oleh Dinas PMPD OKU Selatan.

 

"Jumlah itu kita dapat dari masing-masing Panitia Desa dan setelah direkap secara global,” jelasnya.

 

Sumber: