H-10 Lebaran Ruas Tol Indralaya - Prabumulih Resmi Dibuka Buat Pemudik

H-10 Lebaran Ruas Tol  Indralaya - Prabumulih Resmi Dibuka Buat Pemudik

Ruas Tol Indralaya Prabumulih siap di oprasikan jelang lebaran tahun 2023 ini--

HARIANOKUS.COM- Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang dikerjakan sejak Juli 2019, memiliki panjang 65 km. 

 
Sesuai rencana nantinya jalan tol ini akan menjadi bagian dari ruas Tol Indralaya–Muara Enim di Sumatra Selatan yang terbentang sepanjang 119 km.
 
 
Menurut informasi yanh disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, momentum Mudik Lebaran 2023 ini sejumlah ruas Tol yang hampir rampung akan difungsikan.
 
 
Termasuk ruas Tol lintas tengah sumatera tol Indraralayan ke Prabumulih yang merupakan bagian dari ruas Tol Palembang Bengkulu.
 
 
Hanya saja saat ini, Kementerian PUPR masih terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, POLRI (Korlantas), BMKG, BUJT.
 
 
Serta K/L lain yang terkait kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan nasional maupun jalan tol pada momentum lebaran tahun ini.
 
 
"ermasuk antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran tahun ini,"ujarnya dilansir dari bpjt.pu.go.id
 
 
Kementerian sendiri PUPR lanjutnya, akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan lebaran di tahun ini.
 
 
Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan pada arus Mudik Lebaran tahun ini  Kementerian PUPR tengah menyiapkan beberapa upaya. 
 
 
Pertama melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/rest area).
 
 
"Kemudian kita juga tengah mempersipakan dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan,” kata Hedy.
 
 
Sementara terkait operasional tol indralaya - Prabumulih PT Hutama Karya (Persero) sebelumnya menargetkan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih akan difungsikan pada Maret pada arus mudik lebran.
 
 
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan sebelumnya mengatakan untuk saat ini PT Hutama Karya (Persero) tengah melakukan sejumlah pekerjaan di lapangan, meliputi pekerjaan tanah.
 
 
"Seperti penimbunan pada lokasi preloading, pekerjaan agregat, pengaspalan, dan pekerjaan drainase," kata Tjahjo Purnomo, Rabu 8 Maret 2023 dilansir dari sumeks.disway.id.
 
 
Dikatakannya ntuk pembangunan jalur dari Tol Palembang-Indralaya yang menyambungkan ke Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, Tjahjo menyebut, telah mencapai 95 persen. (**)
 
 
 
 
 

Sumber: beberapa sumber