Pematang Siantar Ternyata Kota Kelahiran Tokoh Nasional Wakil Presiden Adam Malik

Pematang Siantar Ternyata Kota Kelahiran Tokoh Nasional  Wakil Presiden Adam Malik

Kota pematang siantar, kota kelahiran wakil presiden Adam Malik--

HARIANOKUS.COM- Kota Siantar, atau lebih dikenal sebagai Pematangsiantar, adalah sebuah kota di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. 

 
Kota ini terletak sekitar 130 kilometer sebelah barat daya Medan, ibu kota provinsi Sumatera Utara.
 
Adam Malik adalah seorang tokoh politik Indonesia yang lahir di Kota Siantar pada tanggal 22 Juli 1917 dan meninggal pada tanggal 5 September 1984. 
 
Dia merupakan salah satu wakil presiden Indonesia yang menjabat pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dari tahun 1978 hingga 1983.
 
Selain menjabat sebagai wakil presiden, Adam Malik juga memiliki kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 
 
Dia aktif dalam Gerakan Nasional Indonesia dan pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Uni Soviet dan Amerika Serikat. Adam Malik juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia.
 
Karena kontribusinya yang besar dalam bidang politik dan diplomasi, Adam Malik dianggap sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia. 
 
Meskipun lahir di Kota Siantar, namanya dikenal secara nasional dan internasional
 
H. Adam Malik adalah seorang tokoh politik dan diplomat Indonesia yang memiliki kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 
 
Dia aktif dalam Gerakan Nasional Indonesia dan menjadi salah satu perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
 
Selama kariernya, H. Adam Malik menjabat dalam berbagai posisi penting di pemerintahan Indonesia. Dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dari tahun 1966 hingga 1977. 
 
Selama masa jabatannya, Adam Malik berhasil mengokohkan posisi Indonesia di kancah internasional dan mendukung gerakan-gerakan anti-kolonialisme dan anti-apartheid.
 
Selain itu, H. Adam Malik juga menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dari tahun 1978 hingga 1983.
 
Sebagai wakil presiden, Adam Malik berperan penting dalam mengawasi kebijakan politik dan pembangunan di Indonesia.
 
Adam Malik dianggap sebagai salah satu tokoh nasional yang berjasa dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan Indonesia. 
 
Namanya diabadikan dalam beberapa institusi dan gedung di Indonesia, termasuk Universitas Adam Malik di Medan, Sumatera Utara. (**)
 
 

Sumber: