Belum Bisa Dikelola, TPS Pelawi Rutin Terima Sampah 50 ton Perhari

Belum Bisa Dikelola, TPS Pelawi Rutin Terima Sampah 50 ton Perhari

Kondisi TPA Pelawi Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan sejauh ini mencapai 50 Ton Perhari.-Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pelawi di Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan, saat ini mencapai 50 ton per hari.

Sampah ini berasal dari beberapa kecamatan, yaitu Simpang, BSA, Muaradua, Buay Rawan, Simpang Sender, Warkuk Ranau Selatan, Banding Agung, dan Mekakau Ilir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Selatan, Hermansyah Said, S. IP, menyampaikan informasi ini melalui Kepala UPT TPA Pelawi, Aan Supriadi, SE., M.M, saat diwawancarai pada Minggu (3/9).

BACA JUGA:Ringkus DPO Spesialis Bobol Rumah Kosong OKUS di Pasar Baturaja

Ia menjelaskan bahwa sampah yang saat ini masuk ke TPA Pelawi masih ditumpuk dan ditimbun karena belum ada fasilitas pengelolaan yang tersedia.

Hermansyah Said juga berharap agar sampah ini dapat segera dikelola, karena saat ini belum ada alat pengelolaan yang tersedia.

"Meskipun demikian, kapasitas TPA Pelawi tidak mengkhawatirkan terjadinya kelebihan kapasitas karena lahan TPA memiliki luas sekitar 32 hektar, sedangkan yang sudah terisi baru mencapai 5 hektar," ujarnya.

BACA JUGA:Kapolres OKU Selatan Gelar Patroli Karhutla Menggunakan Motor di Tengah Gunung Seminung

Menurutnya, pasokan sampah dari berbagai kecamatan cukup besar, rata-rata mencapai 4 ton per hari dari setiap kecamatan.

Termasuk Kecamatan Simpang, BSA, Muaradua, Buay Rawan, Simpang Sender, Warkuk Ranau Selatan, Banding Agung, dan Mekakau Ilir.

Pihak berwenang tetap berharap agar ada pengelolaan yang efektif agar sampah tidak terus menumpuk secara berkelanjutan di TPA Pelawi. (dal)

Sumber: