Jembatan Kuning di Muaradua Terabaikan Tanpa Perawatan Selama 11 Tahun

Jembatan Kuning di Muaradua Terabaikan Tanpa Perawatan Selama 11 Tahun

Kondisi Jembatan Kuning Muaradua OKUS saat ini yang Terlihat seperti tidak terurus.-Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Jembatan Kuning yang berlokasi di sekitar tangga batu Kelurahan Pasar, Kecamatan MUARADUA, Kabupaten OKU Selatan, yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan sejak tahun 2012.

Namun, hingga saat ini terlihat dalam kondisi yang memprihatinkan akibat kurangnya perawatan.

Jembatan yang dikenal oleh masyarakat OKU Selatan sebagai "Jembatan Kuning" ini sebenarnya masih tergolong baru, karena dibangun pada tahun 2012 dan sekarang berusia 11 tahun.

BACA JUGA:Yamaha Vega Matic 125: Performa Tangguh dengan Harga Terjangkau, Siap Bersaing dengan Honda BeAT

Namun, karena tampaknya tidak ada upaya perawatan yang memadai, kondisi jembatan ini telah memicu kontroversi di kalangan masyarakat OKU Selatan.

Mereka berpendapat bahwa jembatan tersebut tampak tidak terawat, bahkan dipenuhi dengan graffiti yang tidak jelas dan merusak pemandangan.

"Jembatan Kuning yang membelah kota Muaradua OKU Selatan selesai dibangun sejak 12 tahun yang lalu hingga sekarang tidak pernah dipelihara," kata Man, salah satu warga Kecamatan Muaradua, pada hari Minggu (10/9).

Dia menjelaskan bahwa karena kurangnya perawatan, jembatan ini sekarang ditutupi oleh lumut dan coretan yang tidak memiliki nilai estetika, sehingga membuat jembatan terkesan terlantar.

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan Motor Terbaru GSX-8S Edisi Terbatas Kevin Schwantz, Hanya 5 unit, apa Kelebihannya

"Tulisan ini adalah hasil ulah tangan nakal dari remaja yang tidak bertanggung jawab, ini adalah masalahnya, sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah tapi tidak dapat dijaga," jelasnya.

Meskipun demikian, menurut warga setempat, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan seharusnya menyadari kondisi jembatan ini dan menganggarkan dana untuk perawatannya agar tetap terjaga dan tidak terlihat kusam.

“Tidak hanya itu, kondisi jembatan juga semakin memprihatinkan, di mana warnanya mulai pudar bahkan hampir hilang," tambahnya.

"Ideally, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan harus merawat jembatan ini karena jembatan ini adalah salah satu aset OKU Selatan yang selalu digunakan oleh masyarakat, bahkan menjadi tempat bersantai," tandasnya. (Dal)

Sumber: