Pemerintah Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino Sebesar Rp 200 Ribu per Bulan pada November Desember

Pemerintah Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino Sebesar Rp 200 Ribu per Bulan pada November Desember

Mentri Keuagan Sri Mulyani.-foto: IST-

HARIANOKUS.COM -  Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengumumkan tindakan nyata dalam membantu keluarga yang terdampak kemarau panjang di Indonesia.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino senilai Rp 400 ribu akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada bulan November dan Desember tahun ini.

Bantuan ini merupakan inisiatif pemerintah untuk mengurangi dampak dari kemarau panjang yang berkepanjangan.

BACA JUGA:SYM Symba, Motor Bebek Retro Mirip Honda Super Cub dengan Konsumsi Irit 65 Km per Liter

Menurut keterangan resmi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan selama dua bulan berturut-turut, yakni pada November dan Desember 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menegaskan bahwa data penerima BLT telah tersedia dan terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga penyaluran bantuan akan tepat sasaran.

Pemerintah berharap bahwa bantuan ini akan meningkatkan daya beli keluarga yang membutuhkannya.

Sri Mulyani juga berharap agar Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dapat menjalankan penyaluran bantuan dengan baik sesuai dengan data yang telah tercatat di Kemensos RI.

BACA JUGA:Fenomena Atmosfer Mempengaruhi Cuaca di Indonesia, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Selain BLT El Nino, Kementerian Keuangan juga telah menyiapkan dana tambahan sebesar Rp2,67 triliun untuk bantuan beras pada bulan Desember 2023 kepada 21,3 juta KPM.

Sebelumnya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran bantuan sosial berupa beras untuk periode Maret hingga Mei dan September hingga November 2023. Bantuan ini akan disalurkan melalui Badan Pangan Nasional (Bappanas).

Dengan langkah-langkah ini, pemerintah berkomitmen untuk mendukung keluarga yang terdampak kemarau panjang dan menjaga kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut dan cara cek penerimaan BLT, masyarakat dapat mengakses situs resmi Kemensos di [Kemensos.go.id](https://kemensos.go.id). (*)

Sumber: