Pastikan Stok Pupuk Di OKU Selatan Hingga Akhir Tahun 2023 Aman

Pastikan Stok Pupuk Di OKU Selatan Hingga Akhir Tahun 2023 Aman

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Julaeka, S. TP., TA, Kamis (9/11)-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui melalui Dinas Pertanian memastikan stok pupuk bersubsidi hingga akhir Tahun 2023 ini nanti aman.

Pasalnya, dibulan November ini penggunaan pupuk subsidi itu sendiri diperkirakan bakal meningkat lantaran memasuki musim tanam pasca kemarau.

Hal itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan Syahtomi, SP., M.M melalui Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Julaeka Agustin, STP., MTA, Kamis (9/11).

Dikatakannya, terhitung per september 2023, untuk pupuk jenis Urea Alokasi, 20.844,9 ton yang telah di Realisasikan sebanyak 12.287,8 ton, Presentase 58,9 persen.

BACA JUGA:Waduh, Rumah Kadishub dan Kasubag Prabumulih Digeledah, Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas Fiktif

Sedangkan, jenis NPK Alokasi Tahun 2023 sebanyak 27.069,3 ton yang telah di Realisasikan sebanyak 11.503,3 ton terserap sudah mencapai 42,5 persen.

"Dari kuota yang tersedia yang telah disebarkan ke masing-masing distributor untuk memenuhi kebutuhan petani hingga akhir Tahun ini tentunya masih aman, karena baru 50 persen yang sudah direalisasikan atau yang telah terserap," ujarnya.

Karena, memang waktu itu sempat adanya penambahan kuota dari pengajuan akhir tahun 2022, sehingga pada dasarnya stok pupuk ini sangat aman.

BACA JUGA:Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Bersama KPU dan Kepala Daerah se Sumsel untuk Persiapan

"Kuota ini sendiri sesuai dengan RDKK, yang diterima dari penyuluhan serta Kelompok Tani yang mengajukan ke Dinss Pertanian OKU Selatan," ucapnya.

Karena, untuk Tahun 2023 ini tidak bisa lagi menerima pupuk subsidi jika tidak terdaftar di RDKK, atau yang tidak diajukan oleh kelompok tani," tandasnya. (Dal)

Sumber: